LEBARAN 2017
Rombongan Mudik Gratis 769 Warga Karanganyar Disambut Wabup

Senin, 19/6/2017
Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo, didampingi Sekda Karanganyar, Samsi, menyambut ratusan pemudik dari Jabodetabek di Alun-Alun Kabupaten Karanganyar, Senin (19/6/2017) dini hari. (Istimewa/Dokumentasi Dinas Kominfo Karanganyar)
Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo, didampingi Sekda Karanganyar, Samsi, menyambut ratusan pemudik dari Jabodetabek di Alun-Alun Kabupaten Karanganyar, Senin (19/6/2017) dini hari. (Istimewa/Dokumentasi Dinas Kominfo Karanganyar)

Lebaran 2017, rombongan mudik gratis sebanyak 769 warga Karanganyar tiba dari Jabodetabek.

Harianjogja.com, KARANGANYAR — Rombongan mudik gratis dari Jabodetabek yang diikuti 769 warga Karanganyar tiba di Bumi Intanpari pada Senin (19/6/2017) pukul 02.30 WIB.

Mereka mengikuti mudik gratis yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar. Pemkab memfasilitasi 16 bus untuk mudik warga Karanganyar yang bekerja di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Bus berangkat dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada Minggu (18/6/2017). Rombongan pemudik sampai di Alun-Alun Kabupaten Karanganyar secara bertahap.

Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo, didampingi Sekda Karanganyar Samsi, Kepala Dinas Perhubungan Perumahan dan Kawasan Permukiman (Dishub PKP), dan sejumlah kepala OPD lain menyambut kedatangan ratusan pemudik. Kepala Dishub PKP, Sundoro, menyampaikan Pemkab memastikan seluruh pemudik sampai rumah masing-masing.

“Kami tunggui sampai pukul 05.00 WIB. Semua pulang menumpang angkutan umum maupun dijemput keluarga masing-masing,” kata Sundoro saat dihubungi Harianjogja.com, Senin.

Informasi yang dihimpun Harianjogja.com, satu dari 16 bus mengalami kerusakan di Bawen. Seluruh penumpang bus dipindah ke sejumlah bus lain dalam rombongan itu.

“Tidak memungkinkan kami menyusulkan bus lain. Makanya penumpang dipindahkan ke sejumlah bus lain, supaya lekas sampai,” ujar dia.

Selain 16 bus itu, ratusan warga Karanganyar lainnya akan mengikuti mudik gratis yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng). Pemprov menyiapkan dua bus untuk warga Karanganyar.

Tetapi, Sundoro memprediksi jumlah warga Karanganyar pada rombongan kedua lebih dari dua bus. “Dua bus berangkat dari TMII Selasa [20/6/2017]. Rencana sampai Karanganyar Rabu [21/6/2017]. Warga Karanganyar di Jabodetabek itu minta ditambah busnya. Mereka minta jadi 20 bus. Pemkab akan mempertimbangkan sesuai alokasi dana,” ujar dia.

Sundoro menginstruksikan kepada 17 camat di Karanganyar untuk mendata warganya yang merantau di Jabodetabek. Data itu akan digunakan Pemkab untuk memfasilitasi mudik gratis tahun depan.

“Ada paguyuban warga Karanganyar di Jabodetabek. Namanya Pagaranyar. Enggak mungkin kan kalau dia mendata semua. Silakan aktif mendaftar. Atau camatnya mendata.”

 

 


ARTIKEL LAINNYA
Seorang pengendara menyeberangi sungai di Kelurahan Lalung lewat jembatan anyaman bambu pada Jumat (13/10/2017). (Sri Sumi Handayani/JIBI/Solopos) INFRASTRUKTUR KARANGANYAR : Jembatan Anyaman Bambu Lalung Ini Bikin Ngeri
Sejumlah bocah bermain di sirkuit motocross Papahan, Tasikmadu, Karanganyar, Selasa (3/10/2017). (Ponco Suseno/JIBI/Solopos) Bising dan Berdebu, Sirkuit Motocross Papahan Karanganyar Dikeluhkan Warga
Lokasi bangunan PT Sinar Agung Selalu Sukses (SASS) yang berada di Brujul, Jaten, Karanganyar, Sabtu (23/9/2017) siang. (Ponco Suseno/JIBI/Solopos) Diprotes Warga Brujul, Pabrik di Karanganyar Hentikan Sementara Produksi Spare Part Kendaraan
Kali Anyar depan Terminal Tirtonadi Solo, Minggu (19/8/2016). (Burhan AN/JIBI/Solopos) BENDUNG KARET TIRTONADI : Pemkot Solo Minta Dispensasi Khusus ke Karanganyar soal Relokasi Warga
Warga melintas di depan Pasar Malangjiwan, Colomadu, Karanganyar, Sabtu (2/9/2017). (Iskandar/JIBI/Solopos) PASAR TRADISIONAL KARANGANYAR : Dianggarkan Rp6 Miliar, Pasar Malangjiwan Direvitalisasi