MUDIK LEBARAN 2017
Hari Pertama Tol Soker Dibuka, Lalu Lintas Masih Landai

Senin, 19/6/2017
Sejumlah pengendara motor terlihat melintasi jalan tol Soker pada hari pertama pembukaan untuk arus mudik Lebaran, Senin (19/6/2017). (Aries Susanto/JIBI/Solopos)
Sejumlah pengendara motor terlihat melintasi jalan tol Soker pada hari pertama pembukaan untuk arus mudik Lebaran, Senin (19/6/2017). (Aries Susanto/JIBI/Solopos)

Mudik Lebaran 2017, lalu lintas di tol Soker masih landai pada hari pertama pintu Ngasem dan Klodran dibuka.

Harianjogja.com, BOYOLALI — Arus lalu lintas di hari pertama tol Solo-Kertosono (Soker) dibukan untuk jalur mudik Lebaran 2017, Senin (19/6/2017), masih sepi. Sejumlah pengendara sepeda motor masih sering terlihat di ruas tol Soker dan melawan arus.

Pantauan Harianjogja.com, Senin, pengendara yang melintasi tol Soker rata-rata didominasi kendaraan lokal dari Soloraya dan sekitarnya. Mereka rata-rata hanya ingin menjajal melintasi tol Soker setelah resmi dibuka untuk arus mudik dan arus balik Lebaran.

Kondisi sebaliknya terjadi di jalan raya Solo-Semarang yang terpantau padat lancar. Sebagian kendaraan rata-rata memilih lurus mengikuti jalan raya ketimbang jalur tol.

Dugaan sementara, belum banyak pemudik yang tahu tol Soker sudah bisa dilewati pemudik. Pada saat yang sama, di sejumlah perlintasan sebidang masih terlihat aktivitas warga yang melintasi tol. Rata-rata didominasi kendaraan roda dua.

Mereka ada yang langsung menyeberang jalan tol, namun ada pula yang nekat melintasi tol Soker dengan mengendarai sepeda motor. Bahkan, ada yang melawan arus.

“Tol memang masih terlihat lengang. Hanya kendaraan lokal yang melintas,” ujar Kapolsek Ngemplak, KP Joko Widodo, kepada Harianjogja.com, Senin (19/6/2017).

Joko menempatkan sekitar 20 anggotanya di sejumlah perlintasan dengan sistem sif. Jumlah petugas itu sudah di-back up dari personel Polres Boyolali.

“Sebagian pengendara motor yang melintas dan kami ketahui ya kami ingatkan. Mereka pikir jalan tol masih sepi mungkin,” tambahnya.

Petugas jasa pospam di pintu tol Ngasem, Edhie, mengatakan arus lalu lintas pemudik yang melintasi tol Soker terpantau lancar. Belum ada kepadatan berarti di hari pertama itu.

“Satu-dua pemudik ada yang lewat, tapi enggak kerap. Rata-rata kendaraan lokal,” paparnya.

Edhie memastikan pukul 17.00 WIB, tol Soker kembali ditutup. Edhie akan menyampaikan berapa jumlah kendaraan yang melintas selama setengah hari itu.

“Tadi dibuka pagi hari, lalu ditutup sementara untuk apel pembukaan. Lantas dibuka lagi pukul 10.15 WIB,” paparnya.

 


ARTIKEL LAINNYA
Warga melihat peta jalur tol Solo-Ngawi di booth PT SNJ di area Car Free Day, Minggu (29/10/2017). (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos) TOL SOLO-NGAWI : Solo Ngawi Jaya Pasang Rambu Lalin
Kepala Kantor Perwakilan BI Solo, Bandoe Widiarto (empat dari kiri), Direktur Utama PT Solo Ngawi Jaya (SNJ), David Wijayanto (tengah) bersama perwakilan bank se-Soloraya menunjukkan kartu pembayaran tol secara elektronik (e-Toll) di pintu tol Klodran, Colomadu, Karanganyar, Minggu (1/10/2017). (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos) TOL SOLO- NGAWI : 4 Kali Lebih Cepat, Bayar Nontunai Cuma Butuh 2 Hingga 3 Detik
Warga mendatangi stan PT SNJ untuk bertanya tentang keberadaan jalan tol Solo-Ngawi, di Car Free Day kawasan Gladak, Jl. Slamet Riyadi Solo, Minggu (3/12). (Muhammad Ismail/JIBI/Solopos) TOL SOLO-NGAWI : Pengunjung Stan PT SNJ di CFD Solo Penasaran Cara Bayar Nontunai
Sejumlah warga tampak riang bermain di kolong jembatan Tol Soker di Dukuh Mangu, Desa Ngesrep, Ngemplak, Boyolali, Rabu (22/11/2017). (Aries Susanto/JIBI/Solopos) Kreativitas Warga Ngemplak Boyolali Menyulap Kolong Jembatan Tol Soker Jadi Taman Rekreasi
Pengguna jalan melintasi salah satu rambu di perbatasan Desa Kertonatan, Kartasura, Sukoharjo, dan Desa Ngasem, Kecamatan Colomadu, Karanganyar, Rabu (22/11/2017). (Iskandar/JIBI/Solopos) Jalan Solo-Boyolali Kerap Macet karena Proyek Pengecoran, Kendaraan Diarahkan ke Kertonatan