jumat 23 juni

KOMODITAS PANGAN
Permintaan Diprediksi Meningkat, Pedagang Mulai Stok Barang

Selasa, 20/6/2017
Painah ketika berjualan di Pasar Kranggan, Jogja, Rabu (20/7/2016). (Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja)
Painah ketika berjualan di Pasar Kranggan, Jogja, Rabu (20/7/2016). (Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja)

Komoditas pangan untuk sejumlah bahan akan mengalami peningkatan harga.

Harianjogja.com, JOGJA — Permintaan kebutuhan pangan diprediksi akan mengalami puncaknya pada H-3 Lebaran atau pada Kamis (22/6/2017). Pedagang mulai menyetok barang untuk menyiapkan lonjakan permintaan tersebut.

Salah satu pedagang di Pasar Kranggan, Sartini, mengatakan, ia menyetok barang-barang yang bisa tahan sampai seminggu. Seperti bawang putih, bawang merah, terigu, dan barang kemasan lainnya.

“Kalau brambang [bawang merah] seminggu bisa tahan. Ini saya sudah stok 40 kilo,” katanya pada Harianjogja.com, Senin (19/6/2017).

Ia mengatakan, biasanya pada H-3 Lebaran, masyarakat sudah memadati pasar untuk membeli kebutuhan pangan. Oleh sebab itu, stok yang ia miliki bisa untuk mencukupi permintaan pada saat menjelang Lebaran dan setelah Lebaran. Ia harus menyiapkan stok untuk pasca Lebaran karena biasanya para pedagang memilih libur untuk berdagang. Para distributor juga sudah meliburkan karyawannya menjelang Lebaran sehingga pedagang harus membeli lebih banyak agar tidak mengalami kekurangan stok.

Saat ini, harga bawang merah masih terpantau stabil di kisaran Rp30.000, bawang bombai Rp13.000, dan bawang putih kating masih stabil tinggi pada harga Rp70.000. Meski tidak ada kenaikan harga lagi lagi pada Senin (19/6/2017), tetapi harga bawang kating saat ini sudah termasuk tinggi.

jumat 23 juni

ARTIKEL LAINNYA
ketupat lebaran LEBARAN 2017 : Penjual Selongsong Ketupat di Semarang Antusias Sambut Idulfitri
Sejumlah jemaah salat Idulfitri di Alun-Alun Wonosari, Minggu (25/6/2017) meninggalkan lokasi sebelum khotib menyelesaikan khotbah. (Irwan A. Syambudi/JIBI/Harian Jogja) LEBARAN 2017 : Khotib Singgung Isu Penistaan Agama, Ini Reaksi Jemaah di Alun-Alun Wonosari
Aktivitas Syahrini di Hong Kong (Instagram @princessyahrini) KABAR ARTIS : Lebaran di Hong Kong, Syahrini Sapa TKW Indonesia
Ilustrasi penusukan (JIBI/Harian Jogja/Dok.) Teror di Polda Sumut, 1 Polisi Tewas Ditikam
Seorang pengunjung bersiap menerbangkan lampion, dalam perhelatan hari pertama Tanjung Adikarto Fair, di Pelabuhan Tanjung Adikarto, Karangwuni, Sabtu (24/6/2017) dini hari. Ratusan lampion diterbangkan, usai takbir keliling. Pada acara puncak, akan diterbangkan lampion dalam jumlah lebih banyak, yakni sekitar 1.500 lampion. (Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja) WISATA KULONPROGO : Ini Daftar Acara Tanjung Adikarto Fair Selama Sepekan