INFO HIDUP SEHAT
Ini 5 Hal yang Bikin Pegawai Kantoran Gemuk

Kamis, 12/10/2017
Ilustrasi makan sambil bekerja (Pictagram)
Ilustrasi makan sambil bekerja (Pictagram)

Info kesehatan tentang lima hal yang membuat pegawai kantoran gemuk.

Harianjogja.com, SOLO – Beberapa orang menganggap bekerja sebagai pegawai kantoran sangat menyenangkan. Sebab, pegawai kantoran tidak akan terkena sengatan sinar matahari yang membuat kulit gelap. Selain itu, berstatus sebagai pegawai kantoran membuat seseorang lebih dihargai oleh masyarakat.

Tapi, tahukah Anda jika bekerja sebagai pegawai kantoran rentan obesitas? Meski kelihatannya baiik-baik saja, ternyata seorang pegawai kantoran lebih berisiko mengalami obesitas dan penyakit lainnya. Jika dilihat-lihat, tubuh pegawai kantoran cenderung lebih berisi. Mengapa demikian?

Dikutip Solopos.com dari Boldsky, Rabu (11/10/2017), ada berbagai faktor yang menyebabkan pegawai kantoran gemuk. Apa saja faktor penyebabnya? Simak info di bawah ini:

Sering menemani teman makan

Pola makan tidak teratur menjadi faktor utama penyebab kegemukan. Saat berada di kantor, Anda tentu sering diajak rekan untuk makan bukan? Meski sudah makan, biasanya Anda menerima ajakan itu dengan senang hati. Sesampainya di rumah makan, tak jarang Anda akan mencomot gorengan dan memesan minuman manis. Kebiasaan inilah yang membuat Anda gemuk. Sebaiknya, tolak ajakan itu dengan baik jika perut sudah kenyang.

Makan sambil kerja

Saat tugas bertumpuk, kebanyakan orang memilih makan di meja kerja. Mereka akan menyantap makanan sambil menyelesaikan tumpukan pekerjaan yang ada. Padahal, cara ini sangat tidak tepat. Pasalnya, Anda tidak akan mampu berkonsentrasi pada makanan yang dikonsumsi. Akibatnya, Anda tidak akan sadar berapa banyak makanan yang masuk ke tubuh.

Lembur

Kerja lembur ternyata berisiko mengganggu metabolisme tubuh. Saat lembur, tubuh akan kehilangan kemampuan mencerna makanan dengan baik. Akibatnya, proses pencernaan melambat yang membuat tumpukan lemak bertambah.

Terlalu lama duduk

Duduk terlalu lama di meja kerja sambil menatap layar komputer juga memicu obesitas. Kondisi ini akan semakin parah jika Anda bekerja sambil mengemil. Nah, sebaiknya hentikan kebiasaan mengemil dan seringlah bergerak dari tempat duduk. Bangkitlah dari kursi Anda minimal satu jam sekali untuk berjalan dan meregangkan otot.

Ruangan ber-AC

Terakhir, bekerja di ruangan ber-AC ternyata juga membuat bobot tubuh bertambah. Kondisi ruangan yang dingin membuat perut cepat lapar. Inilah yang membuat Anda sering mengemil dan membuat bobot tubuh meningkat. Jika tidak ingin gemuk, maka atur nafsu untuk makan. Sebagai gantinya perbanyaklah minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi.


ARTIKEL LAINNYA
Ilustrasi kloset duduk (Huffingtonpost.com) INFO HIDUP SEHAT : Bahaya! Siram Kloset Duduk Tanpa Ditutup
Ilustrasi pengidap kanker payudara (Boldsky) TIPS KESEHATAN : Ini 5 Tipe Wanita Berisiko Tinggi Terserang Kanker Payudara
Brian Northrup memamerkan piza yang dikonsumsi setiap hari (Instagram @brian.northup) KISAH UNIK : Makan Piza Tiap Hari, Diet Pria Ini Tetap Sukses
Ilustrasi tubuh si pemilik berat air (Boldsky.com) INFO HIDUP SEHAT : Terungkap! Ini yang Bikin Diet Gagal
Ilustrasi bekerja di depan komputer (Boldsky.com) TIPS HIDUP SEHAT : 4 Cara Jaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer