TIPS HIDUP SEHAT
4 Cara Jaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer

Jumat, 13/10/2017
Ilustrasi bekerja di depan komputer (Boldsky.com)
Ilustrasi bekerja di depan komputer (Boldsky.com)

Tips tentang empat cara menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer.

Harianjogja.com, SOLO – Menatap layar komputer dalam waktu lama meningkatkan risiko kerusakan mata. Radiasi sinar dari layar komputer membuat mata cepat lelah. Jika dipaksakan, lama-kelamaan Anda akan mengalami gangguan mulai dari rabun jauh hingga kebutaan.

Baru-baru ini, ada seorang wanita berusia 21 tahun dari Tiongkok yang mengalami kebutaan parsial gara-gara terlalu asyik main gim di komputer selama 24 jam. Dia diagnosis mengalami kerusakan retina, seperti yang umum terjadi pada orang tua. Padahal, kondisi ini sangat jarang terjadi pada orang seusianya. Oleh sebab itu, mulai sekarang Anda perlu berhati-hati dan menjaga kesehatan mata agar tidak mengalami kondisi serupa.

Tak cukup hanya mengonsumsi makanan tinggi vitamin, Anda juga harus memperhatikan berbagai hal saat bekerja di depan komputer. Nah, apa saja yang harus dicermati agar mata tetap sehat meski harus menatap layar komputer dalam waktu lama? Simak info yang dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Kamis (12/10/2017), di bawah ini:

Atur pencahayaan

Layar komputer yang terlalu terang berisiko meningkatkan kerusakan mata. Sebaiknya, sesuaikan tingkat kecerahan layar dengan cahaya lampu di ruangan. Bila perlu pasang plastik peredam cahaya agar mata tetap sehat. Ingat, jangan pernah menyalakan komputer di ruang yang redup. Pastikan pencahayaan di sekitar Anda cukup, tidak terlalu terang atau gelap.

Sering berkedip

Jangan biarkan mata terlalu lama menatap ke layar komputer. Berkediplah sesering mungkin untuk meringankan kerja mata yang tegang. Saat berkedip, mata akan mengeluarkan cairan khusus untuk menjaganya tetap lembap dan mengendurkan otot yang tegang. Bila perlu pakai obat tetes untuk menyegarkan mata.

Istirahatkan mata

Istirahatkan mata secara berkala. Tidak perlu waktu lama, Anda bisa memejamkan mata selama satu sampai dua menit agar otot yang tegang menjadi lebih rileks. Lakukan hal ini minimal satu jam sekali. Jika mata sudah benar-benar lelah sampai menimbulkan rasa nyeri di bagian kepala, sebaiknya beranjaklah dari tempat duduk untuk melihat pemandangan lain. Lihatlah pemandangan di luar kantor lewat jendela untuk menghilangkan kepenatan.

Periksa mata secara berkala

Terakhir, periksakan mata secara berkala ke dokter spesialis. Pemeriksaan ini sangat penting untuk mengetahui kesehatan mata Anda. Cek kesehatan mata minimal setahun sekali untuk mengetahui kondisinya. 


ARTIKEL LAINNYA
Foto ilustrasi: Berdasarkan hasil penelitian usia emas untuk melahirkan anak pintar adalah saat wanita berusia 30 tahun. (freepik.com) TIPS PARENTING : Ingin Program Hamil? Perhatikan Dulu Berat Badan
TIPS KESEHATAN : 7 Tren Kesehatan Sepanjang 2017
Ilustrasi cross trainer (Boldsky) INFO HIDUP SEHAT : Awas! 3 Alat Olahraga Ini Jadi Sarang Bakteri
Ilustrasi gula merah (Pinterest) TIPS KESEHATAN : 4 Manfaat Konsumsi Gula Merah di Musim Hujan
HASIL PENELITIAN : Sinar Matahari Bikin Bahagia