UMKM, Investasi Untuk Masa Depan

Jumat, 13/10/2017
Pelatihan UMKM
Para pelaku usaha mengikuti pelatihan Tranformasi UMKM Kota Jogja menjadi Creativepreneur yang diselenggarakan KPP Pratama Kota Jogja di Rumah Kreatif Jogja, Rabu (11/10/2017). (Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati)

Pelatihan ini tidak semata berbicara masalah perpajakan tetapi bagaimana UMKM berkembang dari usaha mereka

Harianjogja.com, JOGJA-Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dipandang sebagai pemegang masa depan. Oleh karena itu, perkembangan mereka harus selalu didukung.

Kepala KPP Pratama Jogja Agung Prabowo mengatakan, UMKM adalah investasi pemerintah untuk masa depan. Dengan pembekalan berupa pelatihan, nantinya UMKM bisa menghasilkan produktivitas yang tinggi yang sebagian hasilnya bisa disetorkan negara melalui pajak. Salah satu upayanya melalui kegiatan pelatihan Tranformasi UMKM Kota Jogja menjadi Creativepreneur.

Pelatihan ini tidak semata berbicara masalah perpajakan tetapi bagaimana UMKM berkembang dari usaha mereka. “Pendekatan terbalik ini diharapkan bisa memberikan pemahaman bahwa membayar pajak merupakan bagian dari berkembangnya suatu usaha,” kata Agung.

Baca juga : KPP Pratama Jogja Dorong UMKM Berpikir Kreatif

Ia mengakui, UMKM di Jogja banyak yang belum paham tentang pajak. Hal yang terbesit dalam pikiran UMKM saat membuka usaha hanya hal mendesak seperti perizinan. Padahal, perpajakan juga menjadi bagian vital yang harus dipenuhi kalangan pengusaha.

Sementara, salah satu narasumber Rifzika Livia selaku Ketua DPC Perwira Jogja menanggapi positif adanya pelatihan ini. Pelatihan ini bisa untuk meningkatkan keberanian UMKM dalam mengembangkan usaha. Kerap kali ditemuinya ada pelaku usaha yang takut mengembangkan usaha dan terlalu berpikir panjang. “Kalau sudah memutuskan buka usaha ya kita harus siap memulai dan siap jatuh,” kata dia.

Pada era digital saat ini, UMKM juga dituntut untuk bisa mengikutinya. “Jika ingin naik kelas ya kita harus ikuti perkembangan zaman,” ungkap dia.


ARTIKEL LAINNYA
Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep saat berdiskusi dengan Forum UMKM dan PKK Kota Jogja di Ruang Bima Balai Kota Jogja, Rabu (10/1/2018). (Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja) UMKM Jogja akan Diarahkan Jual Produk secara Online
Hotel Didorong Pasarkan Produk UKM Jogja
Ilustrasi layanan kredit perbankan (Dedi Gunawan/JIBI/Bisnis) Serapan Kredit UMKM di Jogja Melambat, Ada Apa?
Bayu Ratna Dhini, pemilik DB Leather, menunjukkan tas kulit jumputan air yang dipamerkan di Jogja Expo Center (JEC), Sabtu (2/12/2017). (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja) Istimewa, Tas Kulit Jumputan Air Ini Tak Mungkin Ada Motif yang Sama
Salah satu pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) Kota Jogja menunggu stan pameran Gebyar UMK di Alun-ALun Sewandanan Pakualaman, Sabtu (6/7/2017). (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja) PEREKONOMIAN DIY : 2018, UMKM Perlu Diistimewakan