PILKADES SLEMAN
13.506 Surat Suara Didistribusikan

Kamis, 07/12/2017
DPMD mendistribusikan kotak dan surat suara untuk Pilkades Sidokarto dan Pakembinangun, Kamis (7/12/2017). (Harian Jogja/Abdul Hamid Razak)
DPMD mendistribusikan kotak dan surat suara untuk Pilkades Sidokarto dan Pakembinangun, Kamis (7/12/2017). (Harian Jogja/Abdul Hamid Razak)

“Masyarakat kami harapkan menggunakan hak pilihnya pada hari H pemilihan”

Harianjogja.com, SLEMAN-Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sleman mendistribusikan kotak dan surat suara bagi dua desa yang melaksakan pemilihan kepala desa (Pilkades) tahun ini. Total jumlah surat suara yang dikirim sebanyak 13.506 surat suara.

Kepala Bidang Pengambangan dan Kelembagaan Aparat Desa DPMD Sleman, Lasiman mengatakan, proses pendistribusian kotak dan surat suara Pilkades dilakukan sejak Kamis (7/12/2017) pagi. Kebutuhan kotak dan surat suara untuk Desa Pakembinangun dan Sidokarto berbeda. Hal itu disesuaikan dengan jumlah penduduk yang masuk dalam daftar pemilih.

Untuk Pakembinangun, jelasnya, jumlah kotak yang didistribusikan sebanyak 17 unit (bilik) sementara surat suara yang dikirim sebanyak 4.677 lembar. Adapun kebutuhan bilik di Sidokarto sebanyak 12 bilik dengan jumlah surat suara 8.829 lembar. “Itu ditambah surat suara cadangan 2,5 persen,” katanya kepada Harian Jogja.

Dia berharap agar warga di dua desa tersebut mampu menjaga keamanan dan ketertiban sebelum, hari pelaksanaan dan pasca Pilkades. Selama ini, proses tahapan Pilkades seperti kampanye berjalan tanpa kendala apapun. “Masyarakat kami harapkan menggunakan hak pilihnya pada hari H pemilihan,” harapnya.

Hal senada disampaikan Plt Kepala Desa Pakembinangun Joko Mulyono. Dia berharap, pelaksanaan Pilkades di Pakembinangun berjalan secara demokratis sesuai dengan pilihan warga. Apalagi, ada lima Calon Kades yang dapat dipilih warga untuk menentukan masa depan Pakembinangun.

“Alhamdulilah selama kampanye dialogis berlangsung aman. Saat ini masa tenang hingga hari pilihan pada 10 Desember 2017,” jelasnya.

Sekadar diketahui, sebanyak tujuh calon kades, dua calon di Sidokarto Godean dan lima calon di Pakembinangun Pakem akan dipilih pada Minggu (10/12/2017). Kelima calon Kades untuk Pakembinangun meliputi Gandung Harmoko, (1), Suranto (2), Kusnanto (3), L. Suparyono (4) dan Agus Nur Rochmad (5). Adapun dua calon di Pilkades Sidokarto diikuti oleh Istiyarto Agus Sutaryo (1) dan Andika Permana Putra (2).

Adapun untuk pelantikan Kades terpilih dijadwalkan pada 20 Desember atau 10 hari setelah pemungutan suara. Untuk proses Pilkades nanti melibatkan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan tempat pemungutan suara (TPS).


ARTIKEL LAINNYA
Siap-Siap, Jual Minol di Sleman Didenda Puluhan Juta
Logo Kabupaten Sleman. (JIBI/Harian Jogja/Dok) Dampak Badai Cempaka, Sleman Rugi Rp5,3 Miliar
Ilustrasi gotong royong (IST/Koransn.com) Budaya Gotong Royong Bikin Sleman Jadi Acuan
Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) mulai diberlakukan di persimpangan Pasar Setan, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Senin (11/12/2017). (Harian Jogja/Sekar Langit Nariswari) Lebih Teratur, Lampu APILL Mulai Diberlakukan di Pasar Setan
Tak Ada Sengketa, Kapan Kades Terpilih di Sleman Dilantik?