TIPS CANTIK
Wanita Wajib Tahu! Ini 5 Jenis Bedak dan Fungsi

Kamis, 07/12/2017
Ilustrasi bedak tabur (Fashiondaily)
Ilustrasi bedak tabur (Fashiondaily)

Tips cantik kali ini tentang lima jenis bedak dan fungsinya yang wajib wanita ketahui.

Harianjogja.com, SOLO – Bedak merupakan salah satu produk kosmetik yang sangat akrab dengan wanita. Produk kosmetik yang satu ini membuat wajah tampak lebih segar. Selain itu, bedak juga bisa menghilangkan minyak yang membuat wajah tampak kusam.

Ada beberapa jenis bedak yang dijual di pasaran. Yang paling sering dipakai adalah bedak padat dan tabur. Namun, ternyata kedua bedak itu punya fungsi berbeda yang belum banyak diketahui wanita. Apakah Anda salah satunya?

Sebenarnya apa saja jenis dan fungsi bedak yang dijual di pasaran? Mau tahu? Temukan jawabannya dalam ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Elle, Rabu (6/12/2017), di bawah ini:

Loose powder

Loose powder alias bedak tabur ini paling sering dipakai. Bedak yang satu ini memiliki tekstur yang ringan sehingga sangat cocok dipakai oleh orang yang memiliki kulit wajah berminyak. Formula bedak ini sangat ampuh menyerap minyak yang membuat wajah terlihat kusam. Selain itu, bedak ini juga cocok dipakai oleh orang yang berjerawat. Formulanya yang ringan tidak akan memperparah peradangan pada jerawat. Anda bisa mengaplikasikan bedak ini ke wajah dengan kuas atau puff yang lembut.

Compact powder

Sesuai dengan namanya, compact powder memiliki tekstur yang padat. Bedak ini biasanya dipakai setelah mengaplikasikan foundation atau BB krim. Bedak jenis ini sebenarnya hanya berupa loose powder yang dipadatkan. Jadi, kegunaannya pun tak berbeda jauh.

Tapi, bagi Anda yang memiliki kulit berminyak sangat tidak disarankan memakai bedak jenis ini. Bahan kimia untuk memadatkan bedak ini memicu timbulnya jerawat. Jadi, bedak ini lebih cocok dipakai untuk Anda yang memiliki kulit normal cenderung kering.

Bedak two way cake

Bedak two way cake memiliki tekstur yang padat, namun kegunaannya berbeda dengan compact powder. Bedak yang satu ini memiliki fungsi ganda, yakni sebagai bedak dan foundation. Formula bedak ini sangat kuat, sehingga bisa bertahan lama. Bagi Anda yang tidak mau ribet mengaplikasikan krim dan foundation sangat cocok memakai bedak yang ini. Bedak ini akan membuat wajah terlihat segar dan memesona dalam sekejap.

Bedak translucent

Bedak translucent memiliki warna transparan yang cocok untuk semua jenis kulit. Bedak ini berbentuk tabur yang sangat ampuh menyerap minyak di wajah. Formulanya yang ringan membuat bedak ini sangat pas dipakai untuk touch up. Selain itu, bedak ini juga bisa dipakai setelah mengaplikasikan foundation agar riasan wajah bertahan lama.

Finishing powder

Bedak ini dipakai untuk mengakhiri riasan wajah. Fungsinya adalah membuat kulit tampak lebih halus. Bedak ini tidak cocok dipakai sehari-hari karena teksturnya yang berat. Biasanya, bedak ini dipakai untuk riasan wajah yang banyak menggunakan teknik contouring alias makeup berat untuk pemotretan atau acara penting lainnya.


ARTIKEL LAINNYA
Ernie Djohan (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)) Ini Rahasia Sehat dan Awet Muda ala Ernie Djohan
Ilustrasi merendam kaki dengan air hangat (Boldsky) TIPS CANTIK : Begini Cara Atasi Kaki Kering dan Pecah-Pecah di Musim Hujan
Demi Leigh Nel Peters, Miss Universe 2017 (Instagram @demileighnp) Ssst… Ini Rahasia Kecantikan Miss Universe 2017
Ilustrasi facial (Youtube.com) TIPS CANTIK : Pengin Kulit Mulus? Hindari 6 Hal Ini Setelah Facial
Song Hye Kyo (Soompi) TIPS CANTIK : 5 Bahan Alami Bikin Wajah Glowing Seperti Artis Korea