TIPS KESEHATAN
Kentut Bikin Tubuh Sehat dan Bahagia

Kamis, 04/1/2018
Ilustrasi kentut (Youtube)
Ilustrasi kentut (Youtube)

Tips kesehatan kali ini tentang kentut yang bikin tubuh sehat dan bahagia.

Harianjogja.com, SOLO – Buang angin atau kentut di tempat umum masiah dianggap sebagai hal memalukan bagi masyarakat awam. Padahal, keinginan buang angin seringkali muncul secara tiba-tiba. Meski sering dianggap memalukan, kentut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Itulah sebabnya Anda tidak boleh menahan kentut. Sebab, menahan kentut justru mengganggu sistem pencernaan. Jadi, jangan pernah malu saat kentut, karena itu merupakan tanda tubuh yang sehat. Menurut sejumlah hasil penelitian, rata-rata setiap orang akan kentut sebanyak lima sampai 10 kali dalam sehari. Namun, jumlah itu bisa bertambah atau malah berkurang bergantung dengan makanan yang dikonsumsi.

Selain menjadi tanda tubuh yang sehat, kentut juga bisa membuat bahagia. Saat berhasil berkentut, Anda tentu akan merasakan lega. Gas yang keluar dari tubuh ini juga menghilangkan kembung dan mengurangi rasa sakit di perut yang seringkali muncul secara tiba-tiba.

Sayangnya, terkadang gas yang keluar itu berbau tak sedap. Sebenarnya, bau itu muncul karena makanan yang Anda konsumsi. Jika tidak mau kentut berbau, maka hindarilah makanan berprotein dan berlemak tinggi seperti telur, ayam, daging, ikan, dan kacang.

Tapi, sebenarnya mencium bau kentut ternyata menyehatkan. Kandungan hidrogen sulfida pada gas kentut mencegah kerusakan sel yang mengurangi risiko terkena stroke, penyakit jantung hingga kanker. Yakin masih mau menahan kentut?

 


ARTIKEL LAINNYA
Ilustrasi bawang merah (Perfectinsider.com) TIPS CANTIK : Bawang Merah Berkhasiat Mengatasi Rambut Rontok
Foto ilustrasi: Kurang tidur atau tidur kurang berkualitas bisa memicu infertilitas pada wanita (sleepreviewmag.com) Sulit Tidur Malam? Coba Tulis Rencana Anda Esok Hari
David Beckham (Pictagram) TIPS HIDUP SEHAT : Ssst… Ini Rahasia Sehat dan Awet Muda ala David Beckham
Ilustrasi bekerja di malam hari (www.tcmwellness.my) HASIL PENELITIAN : Pekerja Shift Malam Berisiko Tinggi Terkena Kanker
Dokter Spesialis Radiologi Intervensi dari Rumah Sakit Indriati Solo Baru Sukoharjo, dr. Prasetyo Sarwono Putro, Sp.Rad (K)RI saat berada di Cathlab RS Indriati Solo Baru Sukoharjo. (Shoqib Angriawan/JIBI/Solopos) TIPS KESEHATAN : Deteksi Dini Stroke dengan DSA di RS Indriati Solo Baru