DPRD Kota Jogja Bentuk Pansus Rekomendasi BPK

Selasa, 09/1/2018
ilustrasi

Pembentukan pansus tersebut untuk mempercepat tindak lanjut rekomendasi BPK

Harianjogja.com, JOGJA-Panitia khusus (Pansus) pembahasan Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (LHP BPK) resmi dibentuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Jogja dalam sidang paripurna yang digelar Senin (8/1/2018).

Pembentukan pansus tersebut untuk mempercepat tindak lanjut rekomendasi BPK kepada Wali Kota Jogja. “Kami targetkan kerja pansus ini selesai dalam waktu kurang dari tiga bulan, sehingga semua catatan BPK bisa segera disempurnakan Pemkot,” kata Anggota Pansus LHP BPK DPRD Kota Jogja Bambang Anjar Jalumurti, Senin.

Bambang mengatakan, terdapat beberapa catatan BPK di antaranya soal standar operasional prosedur (SOP) penerbitan kartu keluarga yang belum sesuai ketentuan, pemanfaatan informasi peristiwa kependudukan dengan instansi lain, penginput data diminta cermat dalam melakukan verifikasi data kependudukan.

LHP BPK periode 2015-2017 itu keluar pada Desember lalu. Bambang memaparkan, LHP BPK itu kalau tidak ditindaklanjuti akan berpengaruh terhadap pelayanan publik. Ia mencontohkan, soal koneksi pemanfaatan data dengan instansi lain yang semestinya sudah befungsi, tetapi kenyataannya masih banyak masyarakat yang harus bolak-balik untuk mengurusnya.

“Pendataan ini sebenarnya kewajiban pemerintah, bukan masyarakat yang harus aktif,” ujar Bambang.

Namun, politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menilai beberapa rekomendasi BPK sudah mulai dijalankan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), seperti terobosan yang dilakukan Camat Danurejan. Warga Danurejan sudah tidak lagi bolak-balik mengurus perubahan KK, pembuatan akta kelahiran karena sudah diakomodir saat pendaftaran ketika anak masih dalam kandungan.


ARTIKEL LAINNYA
Reklame di Malioboro Akan Diseragamkan
Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi kaget mendapat kejutan tumpeng dan kue ulang tahun di Balai Kota Jogja, Rabu (17/1/2018). (Harian Jogja/Ujang Hasanudin) Heroe Poerwadi Dapat Kejutan Ulang Tahun
Ilustrasi e-KTP (JIBI/Solopos/Dok.) Data Kependudukan Ganda di Kota Jogja Masih Bertebaran
Perkara Utang Bikin Sengketa Terminal Giwangan Menggantung
Ilustrasi KB (JIBI/Dok) Vasektomi Masih Kurang Diminati Pria Jogja