Regulasi Liga 2 Dibahas Februari 2018

Minggu, 14/1/2018
Pemain Persis Solo Tri Handoko (10) saat berlaga dengan PSIS Semarang dalam laga Liga 2 PSSI di stadion Manahan Kamis (6/7/2017). (JIBI/Solopos/ Sunaryo Haryo Bayu)

Liga 2 bakal digulirkan Maret 2018, sementara regulasinya dibahas pada Februari 2018.

Harianjogja.com, TANGERANG – Kongres Tahunan PSSI 2018 resmi digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten, Sabtu (13/1/2018) siang. Dalam kongres itu disepakati beberapa keputusan menyangkut hierarki organisasi, badan hukum klub, pengembangan sepak bola, komite tetap dan lain-lain.

Dalam kongres itu, PSSI mengesahkan 54 anggota baru dengan catatan semua anggota itu akan diverifikasi kembali. “Manajemen Persis Solo ikut andil dalam mengusulkan penambahan anggota PSSI menjadi 54 itu. Tapi, ada beberapa klub dengan nama yang hampir mirip seperti Persis Solo dan Persis Gotong Royong. Nanti akan ada verifikasi dari PSSI,” ujar Divisi Hukum Persis Solo, Indra Ari, yang mengikuti kongres saat dihubungi Solopos.com, Sabtu petang.

Indra menjelaskan tidak ada agenda pembahasan regulasi kompetisi Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 dalam kongres tahunan ini. Menurutnya, regulasi kompetisi sepak bola Tanah Air itu rencananya akan dibahas dalam manajer meeting yang bakal digelar pada Februari 2018 mendatang.

“Untuk jadwal kompetisi Liga 2 sudah dibahas. Liga 2 rencananya akan dimulai pada Maret 2018 nanti. Sebelumnya, setiap klub akan diundang mengikuti manajer meeting bersama LIB [Liga Indonesia Baru] dan PSSI pada Februari 2018 mendatang,” terang Indra.

Indra mengakui manajemen Persis Solo bermaksud mengusulkan pemutihan sanksi kepada mantan pelatih Laskar Sambernyawa, Widyantoro, pada saat berlangsungnya Kongres PSSI 2018. Akan tetapi, diakui Indra, tidak ada kesempatan untuk menyampaikan usulan itu kepada PSSI pada saat kongres.

“Agenda kongres itu sudah cukup padat. Jadi memang tidak ada agenda untuk menyampaikan usulan itu. Sekarang kami masih menunggu putusan dari PSSI setelah kami mengajukan PK [peninjauan kembali] kepada Ketum PSSI. Kami berharap pengajuan PK itu bisa diterima,” jelas Indra.

Dalam kongres itu juga disepakati jumlah kontestan Liga 2 ada 24 klub. Namun, yang mengirimkan wakilnya dalam kongres hanya 16 klub. “Saya tidak tahu mengapa hanya ada 16 perwakilan klub yang hadir dalam kongres. Apakah memang undangan belum sampai ke tangan mereka atau memang ada kendala lain. Tapi, kalau berhalangan hadir mestinya ada pemberitahuan kepada PSSI,” papar Indra.


ARTIKEL LAINNYA
PERSIS SOLO: Sponsor Ditarget Tutup 65% Pengeluaran Tim
Gelar Konser Amal, Pasoepati Jepang Undang Netral ke Negeri Sakura
TRANSFER PEMAIN : Heru “Eto’o” Setyawan 90% Milik Persis Solo
Johan Yoga Utama (kanan) saat sudah berseragam Persis Solo. (Instagram-@johan10yoga) Bintang PSIS Semarang Ini Cetak Gol Pertama Buat Persis Solo
PERSIS SOLO : Lepas Eks PSIS, Datangkan Mantan Pemain Persita