Advertisement

Daftar Maskapai Terbaik 2019 Sudah Dirilis, Singapore Airlines Geser Air New Zealand

Nugroho Nurcahyo
Selasa, 20 November 2018 - 22:05 WIB
Nugroho Nurcahyo
Daftar Maskapai Terbaik 2019 Sudah Dirilis, Singapore Airlines Geser Air New Zealand Singapore Airlines Boeing 777 ER - AirlineReporter

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Daftar maskapai penerbangan terbaik sedunia 2019 telah dirilis, menempatkan Singapore Airlines di urutan paling atas. Singapore Airlines yang pada 2018 ini menjadi maskapai terbaik nomor tiga, telah menggeser posisi Air New Zealand yang meraih posisi teratas selama lima tahun terakhir.

Penghargaan tahunan maskapai terbaik ini datang dari AirlineRatings.com, yang merupakan situs peringkat keselamatan dan pemeringkatan produk maskapai penerbangan sejagat yang berbasis di Perth, Australia.

Advertisement

Singapore Airlines yang pada 2018 ini menjadi maskapai terbaik nomor tiga, telah menggeser posisi Air New Zealand yang meraih posisi teratas selama lima tahun terakhir.

Qatar Airways yang berbasis di Qatar, yang tidak masuk 10 besar tahun lalu, meraih tempat di nomor empat berkat kateringnya dan pengenalan QSuites kelas bisnis yang menjadi terobosan anyar di industri aviasi komersial.

AirlineRatings.com menentukan peringkat dengan memperhatikan sejumlah indikator kunci. Sebanyak tujuh editor mempertimbangkan beberapa faktor kunci antara lain keselamatan operasional, ulasan penumpang, profitabilitas, peringkat investasi, usia armada, penawaran produk seperti ekonomi premium pada penerbangan jarak jauh dan pilihan tempat duduk di kelas lain.

Tak heran Singapore Airlines melunjak ke posisi teratas pada pemeringakatan kali ini. Maskapai ini sedang merevitalisasi armada mereka dengan memakai A350s dan Boeing 787-10s. Maskapai ini juga meluncurkan rute jarak jauh baru seperti Singapura ke Newark dan Los Angeles, yang sudah berjalan sebulan terakhir.

Singapore Airlines juga sedang menunggu kiriman pesawat pesanan mereka, Airbus A380 terbaru, yang menawarkan kursi kelas bisnis terbaru dan banyak fitur fasilitas kelas satu yang menuai pujian.

Pemimpin Redaksi AirlineRatings.com, Geoffrey Thomas berkata, “Salah satu yang menonjol di industri ini selama beberapa dekade, [Singapore Airlines] telah kembali ke performa terbaiknya dengan produk baru, pesawat baru, dan penerbangan inovatif terbaru mereka seperti Singapura-New York tanpa henti. Sederhananya,  maskapai ini masuk kategori standar emas. ”

Berikut ini daftar 10 maskapai terbaik 2019 versi AirlineRatings:

  1. Singapore Airlines
  2. Air New Zealand
  3. Qantas
  4. Qatar Airways
  5. Virgin Australia
  6. Emirates
  7. All Nippon Airways
  8. EVA Air
  9. Cathay Pacific
  10. Japan Airlines

Di antara peraih posisi 10 besar ini terdapat pendatang baru yakni Emirates yang berbasis di Dubai dan EVA Air dari Taiwan. Maskapai yang muncul di daftar tahun lalu tetapi tidak masuk pada 10 besar kali ini adalah Virgin Atlantic, Etihad, dan Korean Air.

Seperti halnya tahun lalu, tidak ada satu maskapai penerbangan asal Eropa atau Amerika yang masuk daftar 10 teratas. Hal ini merupakan sesuatu yang mengejutkan mengingat Delta Airlines, seperti juga Qatar Airways, baru saja memperkenalkan kelas bisnis teranyar mereka tahun lalu.

Qatar Airways memenangi kategori kelas bisnis terbaik untuk inovasi mereka yang disebut QSuites.-QATAR AIRWAYS

Pengamat aviasi menilai peringkat dari AirlinesRating secara signifikan condong ke arah kawasan Asia-Pasifik. Namun hal itu tetap rasional sebab pertumbuhan besar-besaran penerbangan komersial memang terjadi di Asia Pasifik dan terus berkembang pesat dalam beberapa dekade mendatang.

Selain sepuluh besar di atas, AirlineRatings.com juga memilih pemenang di kategori tertentu. Berikut pemenangnya:

Suit anyar Singapore Airlines memenangi kategori best first class. -SINGAPORE AIRLINES.

Best First Class:  Singapore Airlines berkat suite kelas satu terbaru yang baru diresmikan tahun lalu.

Best Business Class: Qatar Airways. “Qsuite, kelas bisnis Qatar, menawarkan pengalaman first-class dalam kelas bisnis mereka,” ujar Thomas.

Best Premium Economy: Air New Zealand memenangi kategori ini berkat kursi penumpang yang luas, sentuhan interior yang premium dan jaringan rute yang meluas.

Best Economy: Korean Air kembali meraih penghargaan tertinggi kategori ini berkat kursi-kursi kelas ekonomi mereka yang termasuk paling lapang.

Best Cabin Crew: Virgin Australia mengalahkan Singapore Airlines.

Best Catering: Qatar Airways menyingkirkan Qantas.

Best Lounges: Qantas Airways tetap menjadi juara di kategori ini. "Semua juri penilai kategori ini, sepakat ruang tunggu maskapai penerbangan ini luar biasa," kata Thomas.

Best In-Flight Entertainment: Emirates memenangi kategori ini sekali lagi, sebab maskapai ini juga menjadi pionir in-flight entertainment.

Regional Airline of the Year: QantasLink mendapat penghargaan kategori ini berkat layanannya yang menjangkau daerah jauh dan menantang.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, ruang tunggu Qantas selalu memenangi kategori ini.-QANTAS

Most Improved Airline: Philippine Airlines memenangi kategori ini. Maskapai ini dinilai melakukan sebuah langkah berekspansi global menggunakan generasi baru pesawat hemat bahan bakar yang dilengkapi dengan kabin terbaru.

Best Ultra-Low-Cost Carrier: Maskapai asal Vietnam, VietJet memenangi penghargaan ini, menjadikannya penghargaan keduanya yang berturut-turut

Best Long-Haul Airline: AirlineRatings.com membagi menurut regional:  Emirates (Timur Tengah), EVA Air (Asia-Pasifik), Lufthansa (Eropa) and Delta (Amerika Serikat).

Best Low-Cost Airline: Diperingkatkan berdasar kan regional. Pemenangnya adalah: Westjet (Amerika), AirAsia/AirAsia X (Asia-Pasifik) dan Wizz (Eropa).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : AirlineRatings.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 27 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 02:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement