Advertisement

Tanpa Izzy-Adler, Tur Reuni GNR Palsu

Galih Eko Kurniawan
Selasa, 22 Mei 2018 - 14:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Tanpa Izzy-Adler, Tur Reuni GNR Palsu Jadwal tur Guns N Roses pada November 2018. - JIBI/Ist/gunsnroses.com

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Guns N Roses diketauhi menggelar konser reuni sejak 2016 dalam bingkai Not in This Lifetime Tour. Dalam pengumuman terbaru mereka, GNR memasukkan nama Jakarta, Indonesia sebagai tempat manggung pada 8 November 2018.

Publik melabeli tur itu sebagai reuni karena tiga pendiri GNR bertemu lagi, yakni Axl Rose, Slash dan Duff McKagan. Selepas album Spaghetti Incident yang rilis pada 1993, Slash dan Duff tak lagi bareng dengan Axl di GNR. Sejak tahun itu pula, kabar perseteruan duet Slash dan Axl terjadi yang menjadikan Slash hengkang.

Advertisement

Axl dan Slash terakhir kali tampil bareng pada 1993 di Argentina. Setelah itu mereka terlibat konflik yang membuat GNR dikuasai Axl. Slash pun membentuk sejumlah band baru, seperti Velvet Revolver bersama Duff. Terakhir, Slash main bareng Myles Kennedy dan The Conspirators.

Mantan manajer Guns N Roses, Alan Niven, menilai konser GNR bukan benar-benar sebuah reuni GNR. Kenapa? Karena agenda manggung GNR cuma melibatkan Axl Rose, Slash dan Duff McKagan. Tidak melibatkan dua personel awal GNR lainnya, Steven Adler dan Izzy Stradlin.

Saya cuma bisa menyimpulkan kalau reuni itu semata demi uang. Apa yang bisa dijelaskan kalau acaranya minim kejelasan, ataupun siapa yang akan tampil di band itu [GNR]. Apa lagi yang bisa dijelaskan kalau harga tiketnya paling murah $1.250 [Rp16,25 juta],” begitu kata Niven, seperti dikutip dari Alternativenation.net, Selasa (22/5/2018).

Dia menambahkan, “Untuk urusan ini, tanpa Izzy dan Steven, apakah itu bisa disebut reuni GNR? Tanpa mereka berdua, itu adalah Velvet Roses. Kenapa Izzy dan Steven tidak disertakan? Mungkin karena uangnya kurang.” Niven pun yakin ini semua karena keputusan finansial sehingga Izzy dan Steven tidak diajak reuni.

Niven merupakan manajer pertama GNR. Melayani band itu dari 1986 sampai 1991. Dia dipecat sebelum album Use Your Illusion dirilis. Menurut berita yang dimuat Rolling Stone pada 1991, Axl Rose yang mendorong adanya pemecatan terhadap Niven. Sang vokalis itu, pada saat itu tidak mau meneruskan penggarapan album sebelum Niven diganti orang lain.

 

Adler dikeluarkan dari grup pada 1990 sedangkan Izzy memutuskan cabut dari GNR pada 1991, sebelum Use Your Illusion dirilis. Di era GNR tinggal menyisakan Axl, Izzy berkali-kali tampil bersama band berjuluk The Most Dangerous Band in the World itu. Misalnya saja pada 2006 dan di London pada 2012.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dapat Bantuan Dana Rp14 Miliar, Ini Ruas Jalan yang Akan Diperbaiki Pemkab Gunungkidul

Gunungkidul
| Kamis, 25 April 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

The Tortured Poets Departement, Album Baru Taylor Swift Melampaui 1 Miliar Streaming di Spotify

Hiburan
| Kamis, 25 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement