Advertisement

Ingin Entaskan Kemiskinan, Jangan Cuma Diberikan Bantuan

I Ketut Sawitra Mustika
Selasa, 24 April 2018 - 18:20 WIB
Arief Junianto
Ingin Entaskan Kemiskinan, Jangan Cuma Diberikan Bantuan Ilustrasi kemiskinan. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Tenaga Ahli Penanggulangan Kemiskinan Biro Kesra Setda DIY Ardito Binadi mengatakan untuk mengangkat tingkat kesejahteraan masyarakat, tidak bisa lagi hanya dilakukan dengan cara memberi bantuan. Mereka harus diberdayakan dan diberi pekerjaan.

Salah satu cara mengentaskan kemiskinan di DIY, sambungnya, adalah dengan melaksanakan program pemberdayaan masyarakat. Program pengentasan kemiskinan tidak boleh lagi memakai kata kemiskinan, sebab hanya akan menumbuhsuburkan mental kemiskinan.

Advertisement

"Kalau namanya program penanggulangan kemiskinan, mental kemiskinan akan tumbuh. Karena orang akan merasa aku miskin dan mendapat bantuan. Yang tidak miskin pun akan berusaha ikut dapat bantuan," kata Ardito di sela-sela FGD Penurunan Kemiskinan di Gedung Pracimasono, kompleks Kepatihan, Selasa (24/4).

Program pemberdayaan masyarakat, lanjutnya, bisa dilakukan dalam dua hal, yakni peningkatan kapasitas masyarakat dan peningkatan kapasitas ekonomi. Peningkatan kapasitas masyarakat dilakukan dengan pelatihan keterampilan dan soft skill seperti kepedulian, kepercayaan, timbal balik dan lain sebagainya. Harapannya, setelah diberi pelatihan, masyarakat yang tidak berhak tapi mendapatkan bantuan, bisa segera sadar.

Sedangkan untuk peningkatan kapasitas ekonomi, imbuhnya, Pemda DIY perlu menciptakan lapangan pekerjaan. Masyarakat miskin tidak bisa hanya diberikan bantuan pangan, bantuan ternak dan sebagainya.

"Ketika ada kebutuhan, ternak dijual. Karena ternak lama menghasilkan. Padahal mereka butuh penghasilan harian. Maka perlu pemerintah menggandeng investor untuk membuka lapangan kerja yang sesuai dengan tingkat pendidikan dan keterampilan. Ciptakan saja pekerjaan di desa, yang bisa dilakukan di rumah. Cara itu akan jauh lebih efektif meningkatkan peningkatan pendapatan rumah tangga miskin," jelas dosen ilmu ekonomi UPN Veteran Yogyakarta ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Amerika Serikat Bungkam Soal Rencana Balasan Israel ke Iran

News
| Selasa, 16 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement