Advertisement

Meski Lebih Sulit, Siswa Harus Siap Kerjakan Soal HOTS

Fahmi Ahmad Burhan
Selasa, 24 April 2018 - 15:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Meski Lebih Sulit, Siswa Harus Siap Kerjakan Soal HOTS Peserta UNBK SMP di SMPN 1 Depok mengerjakan soal UNBK, Senin (23/4 - 2018).Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dilaksanakan mulai (23/4/2018), mulai menggunakan Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang membutuhkan daya analisis lebih.

Kepala SMPN 1 Depok, Sukendar, mengatakan sekitar 10% soal yang dikerjakan oleh peserta UNBK SMP merupakan soal HOTS. SMPN 1 Depok bekerja sama dengan beberapa SMPN di Kabupaten Sleman khususnya di Kecamatan Depok mengadakan pelatihan selama lima kali sebelum UNBK SMP dimulai agar peserta terlatih dalam mengerjakan soal, khususnya soal HOTS.

Advertisement

"Soal HOTS membutuhkan daya analisis yang lebih tinggi untuk siswa, tidak hanya sekadar menghafal tapi juga mengasah logika berpikir anak," katanya kepada Harian Jogja, Selasa (24/4/2018).

Menurut Sukendar, dalam pelatihan selama lima kali, pihaknya mendatangkan instruktur atau guru-guru yang sudah memahami soal HOTS agar bisa mengenalkan tipe soal kepada peserta UNBK.

Sukendar mengatakan tingkat kesulitan soal HOTS lebih tinggi dibanding 90% soal yang lain. "Misalnya soal IPS [Ilmu Pengetahuan Sosial], itu tidak hanya dengan teori berdasarkan materi yang sudah ada, tapi anak mencoba menganalisis lagi agar soal dijawab dengan benar," katanya.

Menurut Sukendar, meskipun peserta terkendala soal HOTS, tetapi setidaknya peserta sudah dibiasakan dalam melatih berpikir analitis. "Meskipun sulit, tapi dari soal ini bisa melatih anak untuk berpikir secara analitis," ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Sri Wantini, mengimbau agar setiap SMP menyiapkan berbagai fasilitas agar kendala-kendala selama pelaksanaan UNBK bisa dihindari. Sampai saat ini, menurut Sri, pelaksanaan UNBK SMP terpantau lancar. "Belum ada laporan kendala di semua sekolah," ujarnya, Selasa.

Tahun ini, UNBK SMP diikuti oleh 140 SMP yang ada di Sleman, dengan rincian 85 SMP swasta dan 55 SMP negeri. Untuk jumlah peserta, UNBK di Sleman diikuti 14.880 peserta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement