Advertisement

Pengungsi di Glagaharjo Kembali ke Rumah Masing-Masing

Fahmi Ahmad Burhan
Selasa, 22 Mei 2018 - 12:17 WIB
Nina Atmasari
Pengungsi di Glagaharjo Kembali ke Rumah Masing-Masing Sejumlah warga mengungsi di Balai Desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (21/5). Ratusan warga lereng Gunung Merapi mengungsi untuk mencari tempat aman di Balai Desa karena hujan abu akibat letusan freatik Gunung Merapi yang terjadi pada Senin pukul 17.50 petang, setelah letusan freatik pukul 01.25 WIB dan pukul 09.38 WIB. - Antara/Hendra Nurdiyansyah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Warga Desa Glagaharjo Cangkringan Sleman yang mengungsi di Balai Desa Glagaharjo pada Senin (21/5/2018) malam kembali ke tempat tinggalnya masing-masing. Warga yang mengungsi sudah bisa beraktifitas seperti sebelumnya.

Kepala Desa Galagaharjo Suroto mengatakan sekitar pukul 06.00 WIB warga Desa Glagaharjo yang terdiri dari Dusun Kalitengah Lor, Kalitengah Kidul, Srunen, dan Singular pulang kembali ke tempat tinggal masing-masing.

Advertisement

"Warga sudah kembali ke rumah masing-masing untuk melakukan aktifitas seperti biasanya," katanya pada (21/5/2018).

Suroto mengatakan sebelum erupsi freatik yang ketiga terjadi pada pukul 17.50 WIB, suara dentuman yang cukup kencang mengagetkan warga, dan membuat warga yang merasa takut diarahkan ke Balai Desa Galagaharjo untuk mengungsi. Jumlah warga yang mengungsi ke balai desa mencapai 380 jiwa.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan mengatakan warga yang mengungsi ke Balai Desa Galagaharjo secara mandiri dan tidak ada himbauan untuk mengungsi. "Warga mengungsi secara mandiri, namun kita tetap memberikan fasilitas logistik sampai sahur," kata Makwan.

Makwan mengatakan warga yang mengungsi diutamakan untuk usia rentan, sebagian besar terdiri dari lansia, perempuan dan anak-anak. "Sebagian warga sudah pulang di malam hari sekitar pukul 20.00 WIB, dan untuk yang kelompok rentan tetap tinggal di balai desa," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 1 hour ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement