Advertisement

Masjid di Gunungkidul Kurang Air, Ini yang Bakal Dilakukan Kemenag

Herlambang Jati Kusumo
Jum'at, 25 Mei 2018 - 16:20 WIB
Arief Junianto
Masjid di Gunungkidul Kurang Air, Ini yang Bakal Dilakukan Kemenag Takmir Masjid Miftahul Jannah, Ngadiyo mengecek ketersediaan air di bak penampungan masjid, Jumat (25/5/2018). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Musim kemarau yang berbarengan dengan bulan Ramadan, menyebabkan jamaat di Masjid Miftahul Jannah, di Dusun Blekonang 1, Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, kesulitan mendapatkan air.

Kepala Kementerian Agama Gunungkidul, Aidi Johasah mengatakan pihaknya belum memprogramkan adanya bantuan untuk masjid yang mulai kesulitan air, meski begitu tidak menutup kemungkinan anggaran untuk bantuan yang bersifat kemanusiaan akan dialihkan ke masjid yang membutuhkan tersebut.

Advertisement

“Kami memang belum ada datanya untuk masjid yang mengalami kesulitan air karena kemarau, selama ini memang belum ada anggaran untuk itu. Namun ada bantuan yang sifatnya kemanusiaan, biasanya untuk membantu bedah rumah, santunan anak yatim, beasiswa, dan beberapa program lainnya, bisa saja anggaran itu untuk membantu yang kesulitan air,” ucapnya, Jumat (25/5/2018).

Dia mengatakan dana tersebut berasal dari zakat ASN, dan zakat profesi. Pada tahun ini setidaknya ada Rp400 juta. “Nanti akan kami cek, semisal memang sangat mendesak dan membutuhkan bisa saja kami bantu,” ujarnya.

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul Edy Basuki mengatakan untuk bantuan droping air dari BPBD ditujukan per RT bukan untuk nama individu. “Tiap RT nanti bantuannya dibagi lagi yang membutuhkan, mau ditaruh di masjid atau gimana ya bisa saja. Pada dasarnya untuk droping bukan bantuan atas nama satu orang, tetapi satu RT,” ujarnya.

Untuk saat ini baru dua desa yang mengajukan permohonan dropping air, yaitu di Hargosari, Tanjungsari, dan di Ngestirejo, Tanjungsari. Dana yang disiapkan BPBD Gunungkidul untuk bencana kekeringan tahun ini Rp638 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement