Advertisement

Aktivitas Gunung Merapi Meningkat, Kawasan Wisata Kaliurang Tetap Buka

Fahmi Ahmad Burhan
Jum'at, 25 Mei 2018 - 19:39 WIB
Kusnul Isti Qomah
Aktivitas Gunung Merapi Meningkat, Kawasan Wisata Kaliurang Tetap Buka Gunung Merapi Waspada, Selasa (22/5/2018). - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Kawasan Wisata Kaliurang, Sleman, DIY tetap buka meskipun aktivitas Gunung Merapi meningkat. Namun, terjadi penurunan jumlah kunjungan saat bulan puasa, ditambah meningkatnya aktivitas Gunung Merapi sehingga jumlah kunjungan semakin anjlok.

Petugas Lapangan Kawasan Wisata Kaliurang Suraji mengatakan, tidak ada instruksi dari Dinas Pariwisata Sleman terkait aktivitas pariwisata di sekitaran Gunung Merapi.

Advertisement

"Saat ini kami masih buka, namun tetap berkoordinasi juga dengan BPBD [Badan Penanggulangan Bencana Daerah] Sleman karena aktivitas Gunung Merapi meningkat," katanya pada Harianjogja.com, Jumat (25/5/2018).

Suraji mengatakan, saat bulan puasa jumlah kunjungan ke Kawasan Wisata Kaliurang menurun drastis. Berdasarkan data kunjungan dari gerbang Kawasan Wisata Kaliurang, pada sehari sebelum bulan puasa atau pada Rabu (16/5/2018) jumlah kunjungan ke Kawasan Wisata Kaliurang mencapai 554 kunjungan. Sementara, pada hari pertama bulan puasa atau Kamis (17/5/2018) jumlah kunjungan mencapai 245 kunjungan. Jumlah kunjungan tersebut berkurang sekitar 50%.

"Apalagi ini setelah aktivitas Gunung Merapi meningkat, lebih anjlok lagi," kata Suraji.

Pada Kamis (24/5/2018) tercatat ada 93 kunjungan di Kawasan Wisata Kaliurang. Selain itu, tempat-tempat penginapan di sekitaran Kawasan Wisata Kaliurang tetap masih dikunjungi meskipun aktivitas Gunung Merapi meningkat dan statusnya pun meningkat menjadi waspada.

Suraji mengatakan, setelah adanya erupsi freatik beberapa waktu lalu, ada iimbauan dari Polres Sleman agar pengunjung tidak diperbolehkan untuk menggunakan bis. "Jadi untuk rombongan menggunakan bis setelah erupsi yang hari jumat itu nggak boleh," katanya.

Menurutnya alasan keselamatan menjadi faktor kenapa rombongan bis tidak diperkenankan masuk Kawasan Wisata Kaliurang.

Kepala BPBD Sleman Joko Supriyanto mengatakan saat status Gunung Merapi masih waspada, hanya radius 3 km saja yang tidak boleh ada aktivitas. "Intinya, kalau masih diluar radius 3 km, itu masih bisa beraktivitas, tanpa terkecuali di pariwisata," kata Joko.

Namun, Joko menambahkan, semuanya dikembalikan ke Dinas Pariwisata. Apabila Dinas Pariwisata mengimbau untuk tutup, maka pengelola objek wisata akan tutup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jogjapolitan | 8 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement