Advertisement

Cuaca Buruk Diprediksi Melanda Gunungkidul 3 Hari ke Depan

Jalu Rahman Dewantara
Kamis, 21 Juni 2018 - 22:17 WIB
Nina Atmasari
Cuaca Buruk Diprediksi Melanda Gunungkidul 3 Hari ke Depan Ilustrasi gelombang di pantai. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Terkait dengan adanya potensi cuaca buruk yang diinformasikan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di DIY, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul mengimbau masyarakat untuk lebih waspada.

Pasalnya cuaca buruk seperti peningkatan potensi hujan lebat sampai dengan dua hari mendatang dikhawatirkan menimbulkan bencana alam seperti angin kencang serta pohon tumbang.

Advertisement

Kepala BPBD Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan berdasarkan informasi yang diterima pihaknya, kondisi atmosfer terlihat adanya belokan angin serta intrusi udara basah yang masuk ke DIY.

Akibatnya tingkat kelembaban udara di bagian atas atmosfer cukup basah dan berkisar 80-90 %. Sehingga menyebabkan pembentukan awan-awan hujan.

"Untuk di Gunungkidul diprediksi akan berpeluang hujan dalam beberapa hari ke depan. Kewaspadaan di bagian barat dan utara. Kalau keseluruhan di Sleman, kota Yogja, sebagian Kulonprogo (bagian utara), Bantul bagian utara," ucap Edy, Kamis (21/06/2018).

Edy menjelaskan adanya kondisi tersebut yang patut diwaspadai adalah kemungkinan hujan disertai angin kencang."Jadi jangan berlindung di bawah pohon jika ada hujan disertai petir," katanya.

Edy juga memperkirakan akan terjadi kenaikan gelombang air laut di perairan selatan Gunungkidul. Namun demikian sampai saat ini hal itu belum terjadi. "Ada kemungkinan [kenaikan gelombang], tapi sekarang masih dirasa aman," ujarnya.

Terpisah Koordinator SAR Wilayah II, Marjono mengatakan pihaknya juga mendapat informasi ksmungkinan cuaca buruk. Akinatnya dimungkinkan terjadi gelombang tinggi hingga 25 Juni mendatang. "Perkiraan gelombang naik diantara dua sampai 3,5 meter," ucap Marjono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditangkap di Kontrakannya, Begini Tampang Pelaku Pemerasan Penumpang Grab Car

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement