Advertisement

Kuota Siswa Tak Terpenuhi, Dua Sekolah di Prambanan Perpanjang Pendaftaran

Irwan A Syambudi
Minggu, 08 Juli 2018 - 20:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Kuota Siswa Tak Terpenuhi, Dua Sekolah di Prambanan Perpanjang Pendaftaran Ilustrasi PPDB. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP telah ditutup dan hasilnya diumumkan secara serentak Sabtu (7/7/2018). Namun karena masih ada dua sekolah yang kekurangan siswa, kedua sekolah tersebut memperpanjang masa pendaftaran hingga sepekan ke depan.

Dua sekolah yang kekurangan siswa yakni SMPN 3 Prambanan dan SMPN 4 Prambanan. Untuk SMPN 3 Prambanan dari kuota sebanyak 128 murid baru terisi 86 murid, sedangkan di SMPN 4 Prambanan dari kuota yang disediakan sebanyak 63 murid baru terisi 45 siswa.

Advertisement

Kepala SMPN 3 Prambanan, Nurani, mengatakan jajarannya memperpanjang masa pendaftaran hingga sepekan ke depan untuk memenuhi kuota siswa. "Pendaftaran kami perpanjang hingga 14 Juli 2018. Perpanjangan merupakan pemerintah langsung dari Kepala Dinas [Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman]," kata dia, Minggu (8/7/2018).

Dengan masa pendaftaran yang diperpanjang diharapkan dapat dimanfaatkan oleh para calon murid yang belum mendapatkan sekolah, sehingga kuota yang masih kosong segera dapat terisi.

Menurut Nurani kekurangan murid ini bukan kali ini saja terjadi. Pada PPDB 2017 SMPN 3 Prambanan juga kekurangan murid. "Tahun lalu kami malah hanya memperoleh tiga rombel [rombongan belajar] dengan jumlah murid 75 anak. Alhamdulillah tahun ini dapat empat rombel," katanya.

Nurani mengaku sudah melakukan sejumlah upaya agar kuota murid terpenuhi, salah satunya dengan melakukan sosialisasi PPDB ke sejumlah SD yang ada di sekitar sekolah. Namun demikian hal tersebut tidak membuat seluruh kuota yang ada di SMPN 3 Prambanan terisi.

"Sudah semua SD kami berikan sosialisasi, tapi murid SD memang sedikit. Itupun sudah sampai Kabupaten Gunungkidul, dan Klaten, Jawa Tengah yang wilayahnya berdekatan dengan sekolah kami," katanya.

Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Sleman, Ery Widaryana, mengatakan tidak hanya SMPN 3 Prambanan yang memperpanjang masa pendaftaran. Di SMPN 4 Prambanan, PPDB juga diperpanjang karena kuota siswa belum semua terisi. "Untuk dua sekolah yang memperpanjang masa pendaftaran, nantinya pendaftaran tidak dilakukan secara online tapi secara manual sampai kuota di dua sekolah itu terpenuhi," ujarnya.

Ery mengakui selama ini dua sekolah tersebut kerap kekurangan siswa setiap tahun ajaran baru, tak terkecuali tahun ini yang sudah menggunakan sistem pendaftaran online. "Dua sekolah itu berada di daerah pelosok sehingga kami memberikan kesempatan yang lebih untuk waktu pendaftarannya," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gorontalo

News
| Kamis, 25 April 2024, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement