Advertisement

PENCALEGAN GUNUNGKIDUL: Ini Dia Calon Terkuat Pengganti Suharno di Ketua DPRD

Jalu Rahman Dewantara
Rabu, 11 Juli 2018 - 13:20 WIB
Arief Junianto
PENCALEGAN GUNUNGKIDUL: Ini Dia Calon Terkuat Pengganti Suharno di Ketua DPRD Ilustrasi DPRD

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Suharno diketahui sudah menyerahkan surat pengunduran diri sebagai kader PDIP maupun keanggotaan DPRD pada Minggu (8/7/2018) lalu. Pengunduran diri dilakukan setelah Suharno pindah ke Partai Nasdem pada pekan kemarin.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP DIY Bambang Praswanto mengungkapkan nama Sugito menjadi yang terdepan meski PDIP masih memproses nama-nama calon pengisi kursi yang ditinggalkan Suharno. “Sugito punya pengalaman panjang di pemerintahan,” kata dia, Selasa (10/7/2018).

Advertisement

Berbekal pengalaman sebagai aparatur sipil negara dari tingkat bawah sampai menjadi Sekretaris Daerah Gunungkidul ditambah modal sebagai politikus senior dan berulang kali duduk di kursi Dewan membuat nama Sugito dipandang layak menggantikan posisi Suharno.

Selain berpengalaman, Sugito juga memiliki posisi penting, yakni Sekretaris DPC PDIP Gunungkidul. Selain itu, Sugito menjabat sebagai Ketua Komisi B DPRD Gunungkidul. Bila ditunjuk menggantikan Suharno, ini menjadi yang kedua kalinya bagi Sugito duduk di kursi ketua dengan status pengganti. Sebelumnya, di DPRD periode 2009-2014, Sugito pernah menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt) Ketua DPRD karena Ratno Pintoyo tersandung masalah hukum.

Ketua DPC PDIP Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih mengungkapkan surat pengunduran diri Suharno diterima pihaknya pada Minggu lalu. Surat itu berisi pengundurkan diri dari keanggotaan maupun kepengurusan partai serta anggota fraksi di DPRD Gunungkidul.

Anak Suharno, Rian Eko, yang turut pindah ke Partai Nasdem, diketahui juga telah melayangkan surat serupa. Pasca terbitnya surat pengunduran diri tersebut, pengurus PDIP Gunungkidul lantas menggelar rapat pleno di Kantor DPC PDIP Gunungkidul pada Senin (9/7/2018) lalu.

Rapat tersebut membahas langkah konstitusional ikhwal perubahan struktur kepengurusan maupun kebijakan Pergantian Antarwaktu (PAW) Suharno dari keanggotaannya di fraksi. Rapat pleno tersebut juga membahas usulan nama pengganti Suharno di keanggotaan DPRD Gunungkidul.

Sejauh ini, ada nama Dwi Winasto yang terpilih sebagai pengganti Suharno di Fraksi PDIP lantaran meraih suara terbanyak kelima dalam dalam Pemilu 2014 lalu. Soal pengganti Suharno di kursi Ketua Dewan, Endah mengaku belum mengetahui secara pasti.

“Masih menunggu instruksi dari DPP [Dewan Pimpinan Pusat] PDIP guna menentukan langkah selanjutnya. Tentunya, proses PAW maupun pergantian Ketua DPRD akan dikebut dan bisa diselesaikan pada Agustus mendatang,” ujar Endah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement