Advertisement

DIY Alami Suhu Terendah pada Minggu Ini

Salsabila Annisa Azmi
Senin, 06 Agustus 2018 - 19:17 WIB
Nina Atmasari
DIY Alami Suhu Terendah pada Minggu Ini Warga menutup sinar matahari yang menyinari muka saat matahari bersinar terik di musim kemarau. - Harian Jogja/Nina Atmasari

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - DIY mengalami puncak suhu terendah pada minggu ini. Penurunan suhu diprediksi tidak akan terjadi lebih jauh. Sementara musim penghujan diprediksi jatuh pada bulan November namun masing-masing daerah akan berbeda-beda periodenya.

Kepala Stasiun Klimatologi Mlati Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY, Agus Sudaryatno, mengatakan pada Minggu (5/8/2018) merupakan titik terendah penurunan suhu yaitu 18 derajat celcius.

Advertisement

"Kemarinnya lagi 17 derajat celcius. Sekitar 17 hingga 18 derajat celcius itu sudah terendah, prediksi tidak akan turun lagi," kata Agus.

Agus mengatakan penyebab udara dingin adalah peralihan musim pancaroba di mana langit cenderung cerah. Kondisi tersebut ditambah dengan udara dingin yang mengalir dari Australia ke Asia. Agus mengatakan rata-rata suhu terendah pada peralihan musim pancaroba jatuh pada tahun ini.

Agus mengatakan suhu akan pulih pada awal musim hujan yang diprediksi jatuh pada Bulan November. Sementara itu setiap wilayah akan memiliki periode berbeda-beda dalam Bulan November.

"Diprediksi Jogja Utara musim hujan pada awal November antara tanggal satu hingga 10, Jogja Tengah jatuh pada pertengahan November dan Jogja Selatan jatuh setelah tanggal 21 November," kata Agus.

Sebelumnya Kepala BMKG DIY Nyoman Sukanta memprediksi puncak suhu dingin di DIY akan berakhir pada bulan September. Sementara musim penghujan diprediksi akan dimulai pada November. Suhu yang normal akan ditandai dengan kumpulan awan di langit yang semakin padat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aniaya Wartawan, Danlanal Ternate Copot Komandan Pos Lanal Hasel

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement