Advertisement

IAI DIY Gelar Aksi Sosial untuk Korban Gempa Bumi di NTB

Kusnul Isti Qomah
Senin, 20 Agustus 2018 - 10:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
IAI DIY Gelar Aksi Sosial untuk Korban Gempa Bumi di NTB Senam massal yang digelar IAI DIY. - Ist/IAI DIY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Gempa bumi yang mengguncang Nusa Tenggara Barat (NTB) menggugah rasa kemanusiaan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) DIY sehingga menggelar aksi sosial untuk korban gempa.

Ketua IAI DIY Nanng Munif Yasin mengatakan, IAI di seluruh pelosok Tanah Air dan khususnya di DIY berupaya bahu membahu sekuat tenaga untuk meringankan beban sesama anak bangsa. "Aksi Kemanusiaan yang telah dilakukan Ikatan ApotekerIndonesia DIY untuk Bencana NTB adalah membentuk tim gabungan IAI DIY Peduli NTB dan segera melakukan penggalangan bantuan berupa obat-obatan, pakaian, serta kebutuhan dasar lainnya sejak hari kedua bencana. Dan telah beberapa kali dikirim dengan bantuan Hercules TNI," ujar dia dalam rilsinya, Minggu (19/8/2018).

Advertisement

Aksi lain yang dilakukan yakni memberikan donasi awal sebesar Rp15 juta melalui Pengurus Pusat IAI dan telah disumbangkan langsung ke NTB. IAI juga memfasilitasi dan mengoordinasi apoteker DIY yang ikut jadi tim relawan ke daerah bencana.

IAI pun melaksanakan kampaye aksi kemanusiaan peduli NTB melalui pemasangan spanduk di beberapa tempat strategis serta melalui media sosial. "Kami juga menggelar aksi penggalan dana Gersawu atau Gerakan Satus Ewu yaitu aksi setiap apoteker DIY menyumbang minimal Rp100.000 sebagai wujud peduli NTB. Gerakan ini melibatkan pimpinan perguruan tinggi farmasi, farmasi rumah sakit, klinik, PBF, Dinas Kesehatan, Balai Besar POM DIY, dan seluruh apoteker di DIY," jelas dia.

Ia menyebutkan, puncak penggalangan dana dilaksanakan pada Minggu di Lapangan Alun Alun Kidul dengan melibatkan apoteker dan masyarakat. "Kegiatan hari ini mampu menghadirkan 500 lebih apoteker dan alhamdulillah terkumpul sebesar Rp109.186.957 dan semuanya akan diberikan untuk masyarakat NTB yang terdampak bencana," papar dia.

Penggalangan dana dikemas dalam bentuk senam massal dan kampanye Gema Cermat dengan jargon 5 O untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin donasi sekaligus mendapatkan edukasi agardapat menjadi konsumen obat yang cerdas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement