Advertisement

Empat Desa di Gunungkidul Ini Deklarasikan Pilkades Damai

Jalu Rahman Dewantara
Rabu, 05 September 2018 - 12:20 WIB
Arief Junianto
Empat Desa di Gunungkidul Ini Deklarasikan Pilkades Damai Ilustrasi. - Solopos/Agoes Rudianto

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Deklarasi damai demi kelancaran Pilkades dilakukan empat desa di Kecamatan Saptosari. Pesta demokrasi tingkat desa diharapkan bisa berjalan lancar dan kondusif.

Camat Saptosari, Jarot Hadiatmojo, mengatakan empat desa itu masing-masing adalah Desa Monggol, Jetis, Kepek dan Kanigoro. Keempatnya menggelar deklarasi damai seusai penetapan nomor urut calon kades pada Senin (3/9/2018) kemarin. 

Advertisement

"Iya, [deklarasi itu] kami langsungkan satu hari full secara bergiliran di empat desa, mulai dari pukul 09.00 WIB sampai 14.00 WIB," ucapnya kepada Harianjogja.com, Rabu (5/9/2018).

Jarot mengatakan deklarasi ini sebagai  upaya mengantisipasi gesekan di masyarakat baik saat pra maupun pasca Pilkades. Menurut dia pesta demokrasi tingkat desa jangan sampai menimbulkan permasalahan yg memecah persatuan, keguyuban dan kerukunan masyarakat. "Karena nanti ditakutkan akan menyebabkan proses pembangunan desa menjadi terganggu," kata dia.

Selain deklarasi damai, antisipasi lain yang dilakukan Kecamatan Saptosari adalah berkoordinasi dengan pihak kemanan mulai dari kepolisian hingga aparat linmas.

Sementara itu, Kapolres Gunungkidul, AKBP Ahmad Fuady telah jauh hari menekankan antisipasi gelaran pilkades dengan deklarasi damai. Para calon kades diminta menandatangani surat pernyataan yang isinya siap menerima hasil pemungutan suara.

"Hal ini juga sekaligus sebagai upaya mengantisipasi gesekan antar masyarakat pasca-penyelenggaraan pemilu tingkat desa tersebut," ucap dia.

Tidak hanya itu, demi menunjang kemananan saat Pilkades, Polres Gunungkidul akan menerjunkan sekitar 600 personel kepolisian ke 30 desa yang menyelenggarakan Pilkades. "Kami sudah membagi menjadi tiga wilayah, yakni wilayah aman, rawan satu dan rawan dua. Untuk wilayah aman nanti polisi yang diterjunkan satu, sisanya dibantu empat sampai lima linmas, jumlah itu akan bertambah jika masuk di wilayah rawan," ujar Kapolres

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement