Advertisement

Sultan Angkat Bicara soal Dugaan Pencemaran Geopark Gunungsewu

Sunartono
Jum'at, 14 September 2018 - 06:50 WIB
Bhekti Suryani
Sultan Angkat Bicara soal Dugaan Pencemaran Geopark Gunungsewu Gubernur DIY Sri Sultan HB X (Gigih M. Hanafi/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X menyatakan kesepakatannya terhadap penutupan peternakan ayam di Dusun Tonggor Desa Pacarejo, Semanu Gunungkidul karena berpotensi menganggu geopark Gunungsewu. Namun Sultan menyerahkan penanganan itu sepenuhnya kepada Bupati Gunungkidul.

HB X mengatakan saat ini Bupati Gunungkidul Badingah sudah mulai bertindak terkait akan beroperasinya peternakan ayam yang berada di lingkaran I zona inti Gunungsewu. Keputusan itu adalah penundaan sementara waktu beroperasinya peternakan tersebut.

Advertisement

“Lho kan Bupati Gunungkidul sudah mengeluarkan keputusan, untuk sementara ditunda,” ucapnya di Kepatihan, Kamis (13/9/2018).

Meski tidak secara tegas, namun Sultan sepakat dengan penutupan peternakan itu karena berpotensi menganggu geopark gunungsewu. Hanya ia tak ingin mengintervensi keputusan yang dikeluarkan Bupati Gunungkidul. Selain itu Sultan sudah mengetahui adanya tindak lanjut oleh Pemkab Gunungkidul terkait kemelut itu.

“Iya, iya [ditutup], tetapi wewenangnya kan ada di sana, saya serahkan di sana. Urusannya bupati, jangan sayalah, bupati yang punya wewenang ya saya serahkan sana. Sudah dilakukan [penindakan], tanya bupati ojo aku, engko aku ndarahi melebihi kewenangan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Ingin Membangun Koalisi Kuat

News
| Rabu, 24 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement