Advertisement

Bentuk Integritas Pengacara lewat UCA

Arief Junianto
Kamis, 08 November 2018 - 14:20 WIB
Arief Junianto
Bentuk Integritas Pengacara lewat UCA Suasana saat digelarnya ujian calon advokat (UCA) di Universitas Widya Mataram, Selasa (6/11/2018). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kongres Advokat Indonesia (KAI) DIY kembali menggelar ujian calon advokat (UCA) 2018. Gelombang pertama digelar di Universitas Widya Mataram, Selasa (6/11/2018).

Ketua DPD KAI DIY Wisnu Sabdono Putro mengatakan UCA digelar sejatinya untuk memenuhi kebutuhan para advokat. Nantinya, kata dia, seorang advokat memang terlebih dulu harus menempuh pendidikan lanjutan strata II bidang Keadvokatan. “Jadi ini [UCA] adalah peluang bagi calon advokat sebelum undang-undang soal syarat advokat itu dilaksanakan,” ucap dia melalui siaran pers yang diterima Harian Jogja, Rabu (7/11/2018).

Advertisement

Ketua Penyelenggara UCA KAI DIY Budi Santosa menambahkan dalam UCA KAI tahun ini, sejumlah materi pengetahuan dan kemahiran diujikan. Beberapa di antaranya adalah Peran dan Fungsi Advokat; Kode Etik Profesi Advokat; Hukum Acara Perdata; Hukum Acara Pidana; Hukum Peradilan Agama; Hukum Perselisihan Perburuhan; Hukum Peradilan; Tata Usaha Negara; Hukum Arbitrase Penyelesaian Sengketa; Hukum Acara Mahkamah Konstitusi; dan esai membuat surat kuasa dan gugatan. “Jadi hampir semua materi diujikan dalam UCA tahun ini,” ucap dia.

Mewakili Dekan Fakultas Hukum Universitas Widya Mataram, Edy Chrisjanto memberikan apresiasi atas UCA yang diselenggarakan di kampus UWM. Dia mengaku UWM saat ini terus bergerak aktif dalam mengemban Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kepada semua peserta UCA, Edy mendorong agar peserta yang nantinya telah lulus UCA dan juga DKPA (Diklat Khusus Profesi Advokat) berkomitmen jadi advokat yang berdedikasi, berintegritas. “Serta senantiasa menjaga kehormatan nilai-nilai keadilan, kebenaran, dan kemanusiaan,” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement