Advertisement

Orang Tua Bisa Mengajarkan Anak Suka Menulis, Ini Kiatnya

newswire
Minggu, 15 Juli 2018 - 19:35 WIB
Maya Herawati
Orang Tua Bisa Mengajarkan Anak Suka Menulis, Ini Kiatnya Ilustrasi anak-anak belajar menulis kalimat - ist/Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kegiatan literasi pada anak-anak tak hanya bisa dilakukan dengan mendorong mereka rajin membaca. Ajarkan pula kepada anak-anak agar mereka rajin menulis agar kecerdasan anak-anak lebih tajam.

Pakar Edukasi Anak dari Wahana Visi Indonesia Nurman Siagian mengungkapkan menulis dengan tangan dapat mengasah berbagai keterampilan anak pada saat yang bersamaan. Antara lain berpikir kritis dan merangsang saraf motorik sehingga meningkatkan daya ingat, kreativitas, serta kecerdasan anak.  Berikut ini menumbuhkan semangat menulis kepada anak-anak.

Advertisement

Menulis Surat

Cobalah ajak anak untuk menulis surat berisi ungkapan sayang kepada orang tua dan minta dia menyelipkannya di pintu kamar selayaknya berkirim surat. Menurut Praktisi Mindful Parenting, Melly Kiong, menulis adalah cara komunikasi yang baik antara anak dengan orang tua. Melalui tulisan, anak dapat lebih bebas mengungkapkan perasaan, ide, dan imajinasinya sehingga orang tua bisa melihat talenta terpendam atau pun masalah yang sedang dihadapi anak.

Menulis Pesan Kecil

Ajak anak untuk menulis nama benda yang ia sukai kemudian minta dia menuliskannya di kertas memo warna-warni. Lalu tempelkan di salah satu dinding rumah atau kulkas. Orang tua bisa membantu menggambar benda yang ditulis anak dengan begitu kegiatan ini menjadi lebih menarik.

Menulis Buku Harian

Setiap waktu liburan tentu memiliki pengalaman unik bagi anak. Ajak dia untuk menuliskan pengalamannya di buku harian. Dengan begitu kreativitas menulisnya akan terasah.

Menulis Cerita

Cara lain yang bisa mengembangkan kreativitas menulis anak adalah mengajaknya menulis cerita. Anak bisa bebas menuangkan imajinasinya sesuai dengan cerita yang dikehendaki.

Pilih Tempat Menulis

Anak-anak cepat bosan dan jenuh jika belajar di satu tempat yang sama. Ajak ke tempat-tempat yang kondusif untuk menulis, seperti taman.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement