Advertisement

Anda Suka Mengonsumsi Telur Mentah? Waspadai Hal Ini

newswire
Minggu, 15 Juli 2018 - 20:35 WIB
Maya Herawati
Anda Suka Mengonsumsi Telur Mentah? Waspadai Hal Ini Ilustrasi telur ayam. - Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Telur memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Tetapi jika dikonsumsi dalam keadaan mentah ada risiko yang bisa mengancam kesehatan.

Berikut ini fakta tentang telur mentah seperti dilansir Bold Sky, belum lama ini:

Advertisement

Tidak Bisa Diserap Maksimal

Telur dikenal sebagai sumber protein lengkap. Tapi, makan telur mentah ternyata bisa menurunkan penyerapan kualitas proteinnya. Sekira 90% protein dalam telur matang bisa diserap tubuh manusia, namun hanya bisa menyerap 50% protein bila disantap dalam keadaan mentah.

Penelitian menunjukkan bahwa protein pada telur yang dimasak lebih mudah dicerna manusia daripada protein dalam telur mentah. Jika memakannya secara mentah, maka tubuh seseorang mungkin tidak bisa menyerap semua proteinnya.

Mencegah Penyerapan Biotin

Biotin alis vitamin B7 penting agar tubuh seseorang bisa memproduksi glukosa dan asam lemak. Telur mentah mengandung protein avidin yang bisa menghalangi penyerapan biotin.

Bisa Terkontaminasi Bakteri

Telur mentah bisa terkontaminasi bakteri Salmonella. Bakteri tersebut tak hanya ada di cangkang telur, tapi juga di dalam telur. Mengonsumsi telur yang terkontaminasi bisa menyebabkan keracunan makanan. Infeksi semacam itu bisa mengancam bayi dan anak, perempuan hamil, manusia lanjut usia (manula), serta orang yang sistem imunitasnya lemah.

Pengidap kencing manis (diabetes), terjangkit virus merapuhnya kekebalan tubuh (human immuno-deficiency virus/HIV) dan tumor ganas adalah sebagian orang yang tidak boleh makan telur mentah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Petinggi Freeport Temui Jokowi, Ini yang Dibahas

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement