Advertisement

Jangan Hanya Dipakai, Ponsel Juga Harus Dibersihkan

Maya Herawati
Minggu, 15 Juli 2018 - 21:35 WIB
Maya Herawati
Jangan Hanya Dipakai, Ponsel Juga Harus Dibersihkan Ilustrasi ponsel pintar - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Anda kerap kali lupa membersihkan ponsel karena terlalu asyik. Ponsel bisa menjadi sumber penyakit jika tidak dibersihkan.

"Bakteri di permukaan telepon akan membuat kita sakit," kata Emily Toth Martin, asisten profesor epidemiologi di University of Michigan belum lama ini.

Advertisement

Kuman penyebab penyakit, termasuk jenis yang menyebabkan keracunan makanan, masuk angin dan infeksi lainnya, hanya bisa membuat Anda sakit jika masuk ke tubuh Anda, kata Philip Tierno, seorang profesor mikrobiologi klinis dan patologi di Langone School of Medicine, New York University.

Mahluk ini menempel ke tangan kemudian pindah ke makanan yang kita masukkan ke mulut, atau bisa juga menempel ke bagian tubuh lain misalnya jika Anda menyentuh telinga, lubang hidung atau istirahat di kulit Anda, seperti luka dan goresan.

“Ponsel pintar adalah kendaraan yang secara efektif dapat menransfer organisme yang menular," kata Tierno.

Jadi seberapa sering Anda harus membersihkan ponsel Anda?  Tergantung di mana Anda berada dan bagaimana Anda menangani perangkat. Jika Anda tidak pernah menggunakan ponsel pintar saat makan, maka Anda tidak harus rajin membersihkan perangkat.

Tetapi jika Anda cenderung menggunakan alat ini sepanjang waktu, termasuk saat makan, membersihkannya setiap hari dengan desinfektan adalah ide yang bagus.  "Saya membersihkan milik saya dua kali sehari, satu kali di pagi hari dan satu kali di malam hari," tutur Tierno seperti dilansir Time.

Pembersihan teratur dapat sangat bermanfaat jika Anda menggunakan penutup telepon karet; bakteri cenderung lebih mudah melekat pada material itu daripada ke komponen logam, kaca, atau plastik keras ponsel.

Jika Anda khawatir cairan pembersih akan merusak perangkat Anda, produsen ponsel pintar menyarankan untuk mematikan ponsel sebelum membersihkannya sekaligus menghindari cairan masuk ke port pengisian perangkat atau bukaan lainnya.  Selain itu, sebaiknya jangan semprotkan disinfektan langsung ke perangkat, tetapi gunakanlah kain bersih atau tisu.

"Saya sudah melakukan ini sejak lama, dan saya tidak pernah merusak ponsel saya," kata Tierno.

Jika semua ini menyulitkan, ada solusi yang lebih sederhana yakni cucilah tangan sebelum makan dan tinggalkan ponsel di saku Anda saat makan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement