Advertisement

Mari Ajarkan Anak Makan Sehat Sejak Dini

newswire
Senin, 16 Juli 2018 - 16:35 WIB
Maya Herawati
Mari Ajarkan Anak Makan Sehat Sejak Dini Ilustrasi anak-anak makan - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Anak-anak kerap susah makan-makanan sehat seperti sayur dan buah. Orang tua kerap kesal. Ada trik untuk membuat anak-anak suka makan-makanan sehat sejak dini.

Boldsky melansir beberapa cara yang bisa Anda coba agar anak-anak menyukai makanan sehat dan bukan cemilan yang berbahaya.

Advertisement

Kenalkan Tekstur Sayur dan Buah

Sejak bayi kenali tekstur dari segala rasa buah dan sayuran sehat dalam pemberian MPASI. Usahakan beragam supaya anak tidak pilih-pilih makanan. Ketika dia beranjak dewasa, di rumah atau di manapun sediakan buah dan sayuran. Kalau perlu ajak mereka untuk bercocok tanam sayuran supaya mereka menanti prosesnya dengan baik.

Makan Bersama

Sempatkan waktu untuk makan bersama di meja makan. Kenalkan mereka bagaimana makan enak tapi tak mengurangi kebutuhan nutrisinya. Hal ini dilakukan untuk mendukung tubuhnya agar tetap sehat, menghindari kegemukan, mendukung supaya otak anak tetap cerdas dan tumbuh kembangnya tidak terganggu.

Berkonsultasi dengan Ahli Gizi

Anak-anak tipenya berbeda-beda dalam menyikapi suatu hal. Termasuk mengatur pola makannya yang harus bernutrisi seimbang. Jika perlu, konsultasi dengan ahli gizi untuk memecahkan masalah yang dihadapi anak. Jangan biarkan anak susah makan dan orang tua selalu menuruti permintaannya yang kurang baik.

Makanan Harus Bervariasi

Setiap kali makan coba variasikan makanan dengan beragam menu. Yang jelas Anda harus menghidangkan berbagai menu makanan yang bergizi, dengan lauk pauk sayuran, sumber protein dari aneka daging atau telur, protein nabati tempe dan tahu, hingga buah-buahan segar kaya vitamin.

Jadilah Contoh yang Baik

Anak akan meniru kebiasaan Anda, seperti senang mengonsumsi makan sehat dengan nutrisi seimbang. Bagaimana caranya kalau Anda menginginkan anak untuk makan sehat, tetapi Anda tidak memberi contoh baik. Pasti dampaknya anak jadi ikut-ikutan makan sembarangan yang buruk dampaknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement