Advertisement

Bibir Anda Juga Perlu Dijaga Kesehatannya, Ini Kiatnya

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Kamis, 20 September 2018 - 20:35 WIB
Maya Herawati
Bibir Anda Juga Perlu Dijaga Kesehatannya, Ini Kiatnya Bibir kering dan pecah. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Terkadang kita akan menemui masalah kulit bibir kering sehingga Anda tidak dapat memoleskan lipstik kesayangan Anda ketika hal tersebut terjadi.

Karena kulit di bibir jauh lebih tipis daripada kulit bagian tubuh lainnya, dia lebih rentan terhadap kerusakan.

Advertisement

Untuk menghindari masalah-masalah seperti itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan bibir Anda dan memberikan perhatian lebih pada perawatan kecantikan Anda sehari-hari.

Berikut adalah tujuh tips jitu untuk menjaga kesehatan Bibir Anda;

1.      Jangan menjilat bibir Anda

Menjilati atau menyentuh bibir Anda akan memiliki efek langsung pada kulit Anda. Sebagian besar dari kita memiliki kebiasaan menjilati bibir dan sering berpikir bahwa hal tersebut akan membantu melembabkan kulit bibir. Akan  tetapi faktanya itu akan membuat masalah kesehatan bibir Anda memburuk.

Ketika Anda menjilati bibir Anda mungkin bibir Anda akan terlihat terhidrasi untuk beberapa waktu tetapi segera setelah cairannya menguap, itu akan membuat bibir Anda lebih kering dan bersisik. Ini karena air liur mengandung enzim yang keras di bibir Anda. Juga jangan sering menyentuh bibir Anda, karean itu akan menghilangkan pelembab alami bibir dan makin membuat bibir Anda menjadi kering.

2.     Menghapus Make-up

Penting untuk membiarkan bibir Anda bernafas. Pastikan bahwa Anda menghapus make-up di bibir Anda sebelum tidur. Anda cukup menggunakan kapas yang dibasahi dengan make-up remover untuk menghapus lipstik Anda. Selain itu, tidur dengan masing menggunakan riasan wajah akan merusak kulit Anda juga menyebabkan hadirnya jerawat atau alergi pada kulit wajah Anda.

3.     Minum Air

Agar bibir Anda tetap terhidrasi, penting bagi Anda untuk merawatnya dari dalam. Anda dapat melakukan ini dengan menambah asupan air. Semakin banyak air yang Anda minum maka tubuh Anda akan terhidrasi dengan baik, termasuk si kulit bibir.

4.     Biarkan Bibir Anda Hidrasi Semalaman

Ada kemungkinan bibir kita akan mengering saat kita sedang tertidur. Jadi, pastikan Anda menghidrasi atau melembapkan bibir sebelum tidur. Anda dapat mengoleskan lip balm atau petroleum jelly favorit Anda dan biarkan semalaman. Hal ini akan membuat bibir Anda menjadi halus dan lembut.

5.     Eksfoliasi

Eksfoliasi secara teratur tidak hanya akan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dari bibir tetapi juga akan membuat warna bibir Anda menjadi lebih cerah dan menjadi lembut secara alami.

Anda bisa membuat scrub buatan sendiri untuk ini. Caranya, campurkan satu sendok garam dan beberapa tetes jus lemon. Gosok lembut campuran ini dengan gerakan memutar di bibir Anda selama 1-2 menit. Kemudian bilas menggunakan air biasa. Lakukan ini setidaknya 1-2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

6.     Gunakan Lipstik

Ya, menggunakan lipstik akan membantu Anda melindungi bibir Anda sampai batas tertentu. Setiap kali Anda melangkah keluar rumah jangan lupa untuk mengoleskan lipstik agar bibir Anda terlindung dari kotoran, sinar matahari dan udara yang panas.

7.     Gunakan Lip Balm

Lip balm tentu harus digunakan untuk melindungi bibir Anda dari kekeringan. Pastikan Anda selalu membawa lip balm di tas make-up Anda kemanapun Anda pergi. Anda tidak pernah tahu kapan bibir Anda akan menjadi kering sehingga membawanya selalu akan sangat membantu untuk menjaga kesehatan bibir Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia/boldsky.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement