Advertisement

Bunda, Asupan Gizi Selama 1000 Hari Pertama si Kecil Sangat Penting Loh

Abdul Hamied Razak
Minggu, 14 Oktober 2018 - 22:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Bunda, Asupan Gizi Selama 1000 Hari Pertama si Kecil Sangat Penting Loh Seminar edukasi Kampanye Bunda PAS (Peduli Asupan Sehat) di Jogja, Sabtu (13/10/2018). - Ist/Kalbe

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Untuk menjaga tumbuh kembang anak, selama 1000 hari pertama ibu harus memahami pentingnya asupan gizi dan nutrisi yang sesuai kebutuhannya. Masa tersebut juga bisa menentukan kehidupan anak di masa mendatang.

Dokter spesialis gizi Phitra Sekar Dianggra mengatakan kebutuhan gizi dan nutrisi bagi ibu dan anak tidak bisa diabaikan. Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 lalu menunjukkan, prevalensi risiko Kekurangan Energi Kronis (KEK) pada wanita hamil sebanyak 24,2%. Kondisi KEK biasanya terjadi pada wanita usia subur antara 15 hingga 45 tahun.

Advertisement

"KEK adalah status kurang gizi yang disebabkan oleh berkurangnya asupan nutrisi dalam jangka waktu lama. Bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan ibu dan janin," katanya dalam seminar edukasi Kampanye Bunda PAS (Peduli Asupan Sehat) di Jogja, Sabtu (13/10/2018).

Untuk itu, pencegahan resiko KEK pada ibu hamil harus dilakukan sejak sebelum kehamilan. "Penerapan pola hidup yang sehat dan gizi seimbang sebelum, saat dan setelah periode kehamilan penting dilakukan untuk memastikan kesehatan ibu dan janin,” jelasnya.

Senada denganya, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Edo Raditya mengatakan trimester pertama kehamilan merupakan periode perkembangan organ. Salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan adalah asam folat untuk mencegah kelainan cacat saat lahir. "Sumber asam folat bisa diperoleh dari sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan, dan jeruk," kata Edo.

Kalsium dan zat besi juga berperan penting untuk membentuk tulang janin dan menjaga massa tulang ibu menyusui. Sumber zat besi dapat diperoleh dari bayam, brokoli, daging merah, ikan, ayam, dan kuning telur. "Trimester kedua merupakan periode perkembangan tumbuh kembang organ. Di sini dibutuhkan sat besi dan vitamin C untuk mengoptimalkan pembentukan sel-sel darah merah," katanya.

Pada trimester ketiga dibutuhkan energi yang cukup untuk persiapan persalinan. Karena mineral sangat penting, Ibu juga membutuhkan asupan vitamin B1, B2, B3 untuk membantu enzim mengatur sistem pernapasan dan energi. "Kebutuhan yodium untuk meminimalisir terhambatnya perkembangan otak atau keterbelakangan mental dan kretinisme," kata Edo.

Dian, Marketing Manager Kalbe Blackmores Nutrition mengatakan untuk terus menumbuhkan kesadaran pentingnya menjaga nutrisi ibu hamil dan anak. Dia berharap para ibu hamil dan menyusui memahami pentingnya kesehatan fisik dan psikologis selama 1000 hari pertama kehidupan si kecil.

"Kalbe Blackmores Nutrition menyediakan solusi kesehatan yang terbaik untuk membantu mewujudkan itu," katanya.

Rangkaian edukasi dilakukan melalui kegiatan Bunda PAS ini dilakukan secara menyeluruh. Mulai dari metode hypnobirthing atau upaya alami menanamkan niat positif untuk memperlancar proses kehamilan dan persalinan, coaching clinic, hingga pemahaman mengenai asupan nutrisi yang penting bagi Bunda dan Si Kecil selama masa kehamilan dan menyusui.

Donita, sebagai figur publik dan konsumen Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold menjelaskan masa kehamilan dan menyusui akan banyak menimbulkan perubahan secara fisik dan hormonal. "Oleh karena itu saya mengimbangi dengan mengonsumsi makanan bernutrisi. Meskipun saya sudah menjaga asupan nutrisi melalui makanan, saya juga mengkonsumsi suplemen kesehatan untuk tetap menjaga nutrisi yang pas," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

AJARAN AGAMA: Generasi Milenial Dinilai Penting Belajar Fikih

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement