Advertisement

Baby Blues Harus Diredam, Olahraga Solusinya

Dewi Andriani
Jum'at, 19 Oktober 2018 - 11:35 WIB
Maya Herawati
Baby Blues Harus Diredam, Olahraga Solusinya Ilustrasi sepatu olahraga - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Psikolog Klinis Liza M Djaprie mengatakan  banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami baby blues.

Hal paling utama adalah ketidakseimbangan hormon setelah melahirkan, ditambah lagi dengan banyaknya perubahan yang dialami ibu dengan kehadiran anggota keluarga baru sehingga perlu adanya proses adaptasi atau penyesuaian. 

Advertisement

Kondisi ini akan semakin parah jika dipicu oleh beberapa hal lainnya, termasuk pandangan lingkungan sekitar mengenai fisik, cara ibu merawat bayi, hingga proses persalinan. Banyaknya informasi dan pandangan ini bisa membuat ibu stress dan depresi.

"Manifestasi dari baby blues ini dapat berupa insomnia, panic attack, leak of energy, gampang menangis, sensitif, hingga tidak ingin melakukan apapun,” ujarnya.

Baby blues ini menurutnya dapat terjadi dalam kurun waktu enam bulan hingga 1 tahun. Jika lebih dari 1 tahun dan kondisinya sudah sangat parah, ibu disarankan untuk berkonsultasi ke psikolog atau pskiater.

Berolahraga

Selain dengan berkonsultasi, seorang ibu juga dapat mengatasi kondisi tersebut dengan melakukan olahraga. Sebab, melalui kegiatan olahraga, hormon bahagia akan kembali teraktivasi. Apalagi ketika muncul keringat akan menghadirkan sugesti di dalam pikiran ibu bahwa berat badannya berkurang sehingga bisa membuatnya bahagia.

Liza mengatakan ketika seorang mengalami baby blues, ada hormon yang tidak seimbang dan pemikiran yang korslet. Jika diibaratkan di dalam pikiran tersebut banyak kabel-kabel yang korslet. Sayangnya, saat itu kekorsletan yang mendominasi pikiran dan perasaan seseorang sehingga menjadi stress dan depresi.

“Olahraga itu memunculkan hormone happy yang membuat rileks, Ada hormon endorphin juga yang keluar sehingga menjadi lega. Apalagi jika dilakukan bersama anak misalnya dengan memanfaatkan stroller untuk berolahraga, selain membuat happy juga meningkatkan bounding bersama anak,” tuturnya.

Selain dengan berolahraga, seorang ibu juga dapat menumpahkan uneg-unegnya dengan curhat, kepada suami, orang tua, atau sahabat. Sebab, jika tidak dikeluarkan, semua pikiran dan perasaan tidak menyenangkan itu akan seperti air yang ketika sudah terisi banyak akan semakin menumpuk dan kemudian luber tak karuan.

“Curhat bisa membuang “air kotor” di dalam diri kita, tapi kan harus ada tempat curhat yang dipercaya. Ibu juga jangan takut untuk minta tolong karena dia tidak mampu melakukan sendiri. Semua masalah itu harus diceritakan dan disampaikan jika tidak akan numpuk dan meledak, lalu bisa jadi baby blues,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sambut Pemudik dan Wisatawan Libur Lebaran 2024, Begini Persiapan Pemkab Gunungkidul

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement