Advertisement

Sekitar 34 Hektare Lahan Pertanian di Garut Terancam Kekeringan

Newswire
Senin, 16 Juli 2018 - 13:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
Sekitar 34 Hektare Lahan Pertanian di Garut Terancam Kekeringan Ilustrasi kemarau di ladang pertanian - Bisnis Indonesia/Rachman

Advertisement

Harianjogja.com, GARUT-Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Jawa Barat menyatakan beberapa lokasi lahan pertanian di wilayah utara daerah itu terancam kekeringan pada musim kemarau 2018 sehingga perlu diantisipasi agar petani tidak mengalami kerugian besar.

"Kalau bencana kekeringannya belum, tapi baru terancam di beberapa daerah di wilayah Utara," kata Plt Kepala Dinas Pertanian Garut, Beni Yoga di Garut, Minggu (17/6/2018).

Advertisement

Ia menuturkan, musim kemarau sudah terjadi di Garut, bahkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi kemarau berlangsung cukup panjang hingga Oktober 2018.

Kemarau panjang itu akan mengancam areal pertanian, khususnya tanaman padi yang membutuhkan banyak air akan terjadi gagal tanam karena dilanda kekeringan. "Sementara daerah yang dilaporkan terancam seluas 34 hektare di wilayah utara yakni Limbangan dan Malangbong, daerah lainnya belum ada laporan," tambahnya.

Ia berharap, kemarau tidak berlangsung lama agar petani yang sebelumnya sudah menanam padi atau tanaman lainnya tidak mengalami kerugian.

Jika kekeringan melanda pertanian di Garut, maka jajarannya mempersiapkan alat pompa untuk mengaliri air ke areal pertanian yang dilanda kekeringan. "Kita antisipasi dengan melakukan pompa air untuk beberapa lokasi yang dilanda kekeringan," lanjutnya.

Ia mengimbau, petani untuk sementara tidak menanam padi di areal rawan air agar terhindar dari kerugian materi dampak musim kemarau.

Sebaiknya, petani menanam jenis tanaman yang tidak membutuhkan banyak air sehingga areal pertaniannya tetap produktif memberikan keuntungan. "Sekarang disarankan untuk tidak menanam padi, sebaiknya jenis tanamannya yang hemat air," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement