Advertisement

Upaya Penyelundupan 5,297 Kg Sabu-Sabu Digagalkan TNI AL

Newswire
Senin, 16 Juli 2018 - 12:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
Upaya Penyelundupan 5,297 Kg Sabu-Sabu Digagalkan TNI AL Ilustrasi sabu-sabu. - Ist/Antara

Advertisement

Harianjogja.com, TANJUNGBALAI-Komando Armada (Koarmada) I TNI-AL menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis sabu-sabu seberat 5,297 kilogram di perairan Asahan Sumatra Utara.

Panglima Koarmada I Yudo Margono, Senin, menjelaskan, upaya penyelundupan sabu-sabu itu digagalkan Tim First Fleet Quick Respons (FFQR) Lanal Tanjungbalai Asahan (TBA) dari sebuah kapal motor tanpa nama dan dokumen di Tanjung Berombang Sungai Asahan, pada Minggu (15/7/2018).

Advertisement

Menurut Yudo, penangkapan kapal tersebut berawal dari informasi diperoleh Perwira Seksi Intelijen Lanal TBA dari masyarakat. Informasi tersebut ditindaklanjuti dengan menerjunkan Tim FFQR I Lanal TBA untuk melaksanakan patroli dan penyekatan guna memastikan kebenaran informasi itu.

"Tim FFQR I Lanal TBA segera melaksanakan patroli menggunakan Patkamla SSG II-I-47 dan melakukan pemeriksaan terhadap kapal-kapal mencurigakan yang melintas di perairan Asahan," kata Yudo pada konferensi pers di Makolanal TBA.

Ia melanjutkan, Tim mencurigai sebuah kapal yang bergerak masuk menuju Sungai Asahan. Saat didekati kapal tersebut menambah kecepatan dan bergerak ke arah hutan bakau di Tanjung Berombang Sungai Asahan.

Oleh Anak Buah Kapal (ABK), kapal tersebut terlihat dikandaskan dalam kondisi mesin masih hidup dan sempat terlihat orang berlari masuk ke dalam hutan bakau. Tim berusaha mengejar dan pencarian terhadap orang diduga ABK, namun tidak membuahkan hasil.

Setelah melaksanakan penggeledahan kapal tanpa nama itu, Tim FFQR berhasil menemukan lima bungkusan warna coklat dibagian belakang yang ditutupi kayu.

"Setelah Tim FFQR Lanal TBA dibantu Badan Narkotika Nasional Kota Tanjungbalai melaksanakan pengecekan barang bukti itu, hasilnya positif merupakan narkoba jenis sabu-sabu seberat 5,297 kilo gram," ungkap Yudo Margono.

Pjs Danlanal TBA Mayor Laut (Kh) Taryono mengatakan, saat ini kapal pengangkut sabu-sabu tersebut berada di Posmat Bagan Asahan. Dan kasus tersebut berupaya dikembangkan dengan penyelidikan terhadap pemilik kapal motor tanpa dokumen tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement