Advertisement

Guru Honorer Diminta Tidak Lagi Mogok Mengajar, Ini Alasan Pemerintah

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Sabtu, 22 September 2018 - 12:50 WIB
Bhekti Suryani
Guru Honorer Diminta Tidak Lagi Mogok Mengajar, Ini Alasan Pemerintah Ilustrasi - Antara

Advertisement

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah meminta guru honorer untuk tidak lagi mogok kerja. Alasannya karena sudah ada solusi terkait dengan tuntutan mereka.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengimbau agar para guru honorer berhenti melakukan aksi mogor mengajar karena tidak dibukanya rekrutmen calon pegawai negeri sipil jalur honor.

Advertisement

Hal tersebut disampaikan Muhadjir pada acara jumpa media di Kantor Staf Presiden, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (21/9/2018).

"Saya mohon kepada guru kembali ke sekolah masing-masing, membina, mengasuh dan mengantar anak didiknya kembali. Saya minta untuk tidak ada lagi keinginan-keinginan di luar tugas profesionalnya sebagai guru untuk menyampaikan aspirasinya, karena aspirasinya InsyaAllah sudah diperhatikan oleh Pemerintah," tutur Muhadjir.

Muhadjir Effendy bersama dengan Kepala BKN Bima Haria Wibisana, Menpan RB Syafruddin, Kepala KSP Moeldoko serta pejabat pemerintah lainnya sudah melakukan rapat terbatas mengenai pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

PPPK merupakan solusi alternatif bagi para tenaga honorer yang tidak dapat mengikuti rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) karena tidak memenuhi syarat atau tidak lolos CPNS untuk mendapatkan kesejahteraan yang sama dengan para ASN/PNS.

Bahkan, apabila tidak lolos PPPK para tenaga honorer tersebut juga akan tetap diusahakan kesejahteraannya dengan mengimbau agar mereka digaji sesuai upah minimum regional (UMR) masing-masing daerah.

"Alhamdulillah sudah ada solusi untuk mengatasi masalah yang cukup paten dalam kaitannya dengan posisi guru honorer, mudah-mudahan ini adalah solusi yang baik dan bisa kita laksanakan," tandas Muhadjir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement