Advertisement

Masuk Kampus, Sandiaga Uno Didemo Mahasiswa

Newswire
Sabtu, 22 September 2018 - 21:50 WIB
Bhekti Suryani
Masuk Kampus, Sandiaga Uno Didemo Mahasiswa Sandiaga Uno. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SUKOHARJO- Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menolak kedatangan cawapres Sandiaga Uno ke kampus mereka.

Aksi demonstrasi mewarnai kunjungan Calon Wakil Presiden Sandiaga Salahudin Uno di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) untuk mengisi kuliah umum tentang kewirausahaan, Sabtu.

Advertisement

Sejumlah mahasiswa yang mengatasnamakan Aliansi Mahasiswa UMS datang ketika Sandiaga sedang mengisi kuliah umum di GOR UMS.

Mahasiswa sempat masuk di halaman GOR namun akhirnya diminta keluar oleh petugas keamanan kampus. Meski demikian, hal itu tidak menghentikan mahasiswa terus menyampaikan orasi di luar pagar GOR.

Salah satu mahasiswa Abdulrahman mengatakan aksi demonstrasi tersebut merupakan bentuk penolakan politisasi kampus.

"Jika berhubungan dengan kepentingan 2019, kami menolak. Memang ketika kondisi seperti ini generasi milenial termasuk mahasiswa yang paling diunggulkan," katanya.

Meski demikian, menurut dia, datangnya Sandiaga Uno ke UMS justru berpotensi menciderai nama baik mahasiswa dan universitas. "Dari manapun kami akan menolak keras. Hentikan politisasi di lingkungan kampus," kata mahasiswa Teknik Mesin UMS tersebut.

Mahasiswa lain yang juga mengikuti aksi demonstrasi Muhammad Ismail mengatakan bukan berarti aksi tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap capres lain Joko Widodo.

"Kami bukan berarti mendukung Joko Widodo. Yang pasti kami menolak politisasi kampus. Oleh karena itu, kami ingin kampus juga membuka ruang demokrasi seluas-luasnya. Kampus memiliki tugas independen yang tidak boleh dipolitisasi," kata mahasiswa jurusan teknik elektro tersebut.

Sementara itu, Rektor UMS Sofyan Anif memastikan kedatangan Sandiaga Uno dan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan tidak berhubungan dengan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI 2019.

Ia mengatakan Sandiaga Uno diundang dalam kapasitasnya sebagai pengusaha muda dan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta. "Pak Sandi sudah kami undang sejak Juli 2018, pada saat itu masih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta dan jauh sebelum penetapan capres dan cawapres, tetapi baru bisa datang hari ini," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Kamis 25 April 2024: Kasus Penggelapan Pajak hingga Sosialisasi Tol Jogja-YIA

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement