Advertisement

Lalu Zohri Dapat Dukungan dari ITDC, BUMN Pengembang Wisata NTB

Newswire
Senin, 16 Juli 2018 - 08:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Lalu Zohri Dapat Dukungan dari ITDC, BUMN Pengembang Wisata NTB Pelari nasional, Lalu Muhammad Zohri, mengibarkan bendera Merah Putih usai menjuarai nomor lari 100 meter Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7/2018). - Ist/ Dok. PASI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku BUMN yang bergerak di bidang pengembangan pariwisata di Nusa Dua Bali dan Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan kesiapannya untuk mendukung sprinter asal Indonesia, Lalu Muhammad Zohri.

"Sebagai BUMN dengan wilayah operasi di Lombok tentunya kami ikut bangga dengan prestasi yang dicapai Zohri menjadi juara dunia di ajang Kejuaran Dunia Atletik U-20 di Tampere Finlandia serta siap untuk mendukung prestasi pemuda asal Lombok ini," kata Direktur Utama ITDC, Abdulbar M Mansoer saat dihubungi dari Jakarta, Minggu (15/7/2018).

Advertisement

Prestasi yang berhasil diraih pemuda asal Lombok ini, menggugah semangat warga Lombok NTB untuk bangkit dan berprestasi di kancah internasional, seiring dengan pertumbuhan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika menjadi destinasi pariwisata kelas dunia.

Sebagai langkah awal, ITDC menawarkan program bedah rumah mengingat rumah yang dihuni saat ini kurang layak. Abdulbar mengaku meskipun banyak perusahaan (BUMN) yang akan membantu Zohri, namun sebagai BUMN yang wilayah operasinya di Lombok NTB tentunya ITDC siap berkontribusi untuk putra daerah berprestasi.

Tidak hanya itu pihaknya juga akan menawarkan karier di ITDC sebagai karyawan tetap. Sebagai tahap awal selama masih menjadi atlet nasional Zohri akan diangkat sebagai Duta BUMN di Mandalika, yang berpotensi menarik support dari Sinergi BUMN untuk pembinaan menuju prestasi selanjutnya, jelas Abdulbar.

"Kami akan memberikan jaminan setelah selesainya masa bakti sebagai atlet lari 100 meter, Zohri dapat bergabung bersama ITDC untuk bersama-sama mengelola kawasan pariwisata kelas dunia di pulau kelahirannya," tambahnya.

Pembangunan infrastruktur kawasan dan tujuh hotel berbintang sedang dikebut, dengan target operasional 1.500 kamar hotel di tahun 2020. Saat ini di KEK Mandalika telah berdiri Masjid Nurul Bilad berkapasitas 4.000, Kuta Beach Park sepanjang 1,5 KM, parkir sentral berkapasitas 500 kendaraan dan 50 bus, serta pembangunan kawasan komersial bagi UMKM.

Ia mengatakan hadirnya Zohri sebagai duta BUMN di Mandalika akan membawa misi memacu prestasi atlet daerah Lombok NTB, mengingat kawasan ini direncanakan memiliki fasilitas olah raga yang lengkap.

Kawasan pantai Kuta Beach Park, The Mandalika merupakan salah satu lokasi perhentian arakan obor Asian Games di Lombok, NTB.

Mandalika juga akan menjadi lokasi penyelenggaraan Lomba Lari Marathon Internasional yang digelar untuk memperingati HUT TNI ke-73 pada 23 September 2018 mendatang.

Lomba lari ini diperkirakan akan diikuti lebih dari 10 ribu pelari dari dalam dan luar negeri, dan akan menjadi Lomba Marathon terbesar di Indonesia.

Sebelumnya, melalui program BUMN Hadir Untuk Negeri (BUHN), ITDC, bersinergi dengan BUMN lain, juga telah melakukan pembinaan terhadap atlet, salah satunya kepada 20 mantan atlet nasional di Provinsi NTB, pada tahun 2016.

pengalaman itu, diyakininya dukungan pembinaan terhadap atlet berprestasi seperti Zohri memang dibutuhkan untuk jangka panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hasil Man United vs Sheffield United: Skor 4-2, Setan Merah Naik Peringkat Keenam Liga Premier Inggris

Sepakbola
| Kamis, 25 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement