Advertisement

Max Verstappen Skeptis dengan Regulasi Baru Sayap Depan Mobil

Newswire
Kamis, 18 Oktober 2018 - 16:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Max Verstappen Skeptis dengan Regulasi Baru Sayap Depan Mobil Max Verstappen juara F1 GP Spanyol 2016 - Reuters/Juan Medina

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pembalap Formula 1 (F1) dari tim Red Bull Racing Max Verstappen skeptis tentang dampak perubahan regulasi sayap depan pada kemampuan mobil untuk menyalip dan menyebut desain barunya "lebih jelek".

"Perubahan ini mungkin akan sedikit membantu," demikian dilansir dari situs resmi Verstappen, "Tetapi dari yang sudah saya baca adalah tahun depan kita akan memiliki downforce yang sama seperti tahun ini, jadi saya pikir manfaatnya terbatas."

Advertisement

"Desainnya terlihat agak jelek, tapi mungkin desainnya akan disempurnakan sebelum musim depan."

Regulasi baru Formula 1 akan memaksa tim untuk menggunakan sayap depan yang lebih sederhana tahun depan. Hal ini dilakukan untuk mempermudah mobil untuk saling mengikuti satu sama lain dengan lebih ketat dengan mengurangi efek 'outwashing' (membuang aliran udara ke samping kendaraan).

Namun untuk membantu tim mendapatkan kembali 'downforce' yang hilang akibat perubahan desain, lebar maksimum sayap depan telah ditingkatkan menjadi dua meter, sama dengan lebar total mobil. 

Terakhir kalinya mobil Formula 1 memiliki sayap depan dengan lebar penuh adalah pada 2013, kala itu mobil memiliki lebar 1,8 meter.

Ketika ditanya tentang rencana FIA untuk merombak desain mobil pada 2021 Verstappen mengatakan, "jika masih bagus untuk dikemudikan dan meningkatkan kemampuan menyalip, saya pasti setuju, meski mobilnya terlihat sangat futuristik," katanya. "Hal itu juga tergantung pada seberapa banyak downforce yang hilang akibat regulasi baru."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Xavi Hernandez Dikabarkan Tetap Bertahan di Barcelona Musim 2024/2025

Sepakbola
| Kamis, 25 April 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement