Advertisement

Roring Siapkan 12 Pebasket untuk Hadapi Piala Asia 2021

Newswire
Kamis, 15 November 2018 - 16:46 WIB
Sugeng Pranyoto
Roring Siapkan 12 Pebasket untuk Hadapi Piala Asia 2021 Pelatih Timnas basket Fictor Roring (tengah) - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Menghadapi prakualifikasi zona timur (pre-qualifiers eastern region) Piala Asia FIBA tahun 2021 di Thailand, Pelatih tim nasional bola basket putra Indonesia Fictor Roring memanggil 12 pemain .

Fictor mengatakan ke-12 pemain tersebut akan berkumpul mulai pekan ketiga November sebelum berangkat ke Thailand untuk menjalani turnamen yang digelar pada 26 November-1 Desember 2018 tersebut.

Advertisement

"Dari 12 pemain tersebut, lima orang merupakan pemain Satria Muda, empat pemain Pelita Jaya dan tiga pemain Stapac," ujar Fictor.

Pelatih yang akrab disapa Ito ini tidak memerinci siapa saja pemain tersebut. Namun, dia memastikan nama-nama tersebut tidak jauh dari skuat Asian Games 2018.

Fictor hanya membeberkan ada tiga pemain yang tidak berlaga di Asian Games 2018 yang akan ikut pra-kualifikasi Piala Asia 2021 ke Thailand yakni Avan Seputra, Hardianus Lakudu dan Agassi Goantara.

Khusus Agassi, ini adalah pemanggilan perdananya ke tim nasional usai berstatus debutan (rookie) Liga Bola Basket Indonesia (IBL) musim 2017-2018 di tim Stapac Jakarta.

Ditemui terpisah, Hardianus Lakudu mengaku bersyukur kembali dipanggil ke tim nasional. Dia terakhir kali berlaga untuk tim Merah Putih pada Sea Games 2017 di Malaysia, di mana Indonesia berhasil meraih medali perak.

"Saya bersyukur masih dipercaya bermain di timnas. Saya tentu akan memberikan yang terbaik dan membuktikan diri pantas berada di tim nasional," kata point guard andalan klub Satria Muda tersebut.

Prakualifikasi wilayah timur (pre-qualifiers eastern region) Piala Asia FIBA 2021 di Thailand diikuti oleh tujuh negara yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Macau, Guam, dan Fiji.

Indonesia berada di Grup A bersama Malaysia dan Macau, sementara di Grup B ada Thailand, Singapura, Fiji dan Guam.

Empat tim terbaik dari prakualifikasi wilayah timur akan lolos ke kualifikasi Piala Asia 2021. Nantinya ada 24 tim yang ikut dalam fase kualifikasi ini. Mereka akan bertarung untuk memperebutkan satu dari 16 tempat di putaran final Piala Asia 2021.

Indonesia sendiri ditargetkan lolos ke Piala Asia 2021 demi tampil di Piala Dunia pada tahun 2023, di mana Indonesia bertindak sebagai tuan rumah bersama Jepang dan Filipina.

FIBA mewajibkan Indonesia berada di posisi delapan besar Piala Asia 2021 agar dapat tampil di putaran final Piala Dunia 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Prediksi Skor Man City vs Chelsea, Nanti Malam, Guardiola Harap City Bangkit

Sepakbola
| Sabtu, 20 April 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement