Advertisement

IIMS 2018: Sepeda Listrik Karya Mahasiswa UII Jogja Sita Perhatian Jokowi

Newswire
Jum'at, 20 April 2018 - 01:05 WIB
Nugroho Nurcahyo
IIMS 2018: Sepeda Listrik Karya Mahasiswa UII Jogja Sita Perhatian Jokowi Bubuhan tanda tangan pada sepeda listrik bernama PitX karya mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) di ajang Indonesia International Motor Show 2018 di Jakarta. (ANTARA - Sella Panduarsa Gareta)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sepeda listrik dan mobil listrik karya mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII), Jogja, yang tampak nyempil di tengah kemegahan Hall B3 Jakarta International Expo pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, menarik perhatian Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi mendatangi dan membubuhkan tandatangan pada sepeda yang diberi merek PitX  dan satu mobil listrik karya mahasiswa UII itu. 

Advertisement

"Kami senang, speechless, engga nyangka. Saya bertemu dengan Presiden saja engga nyangka, apalagi ini ditandatangani sepedanya," kata anggota tim pengembang PitX Angga Doni dan Amelia di Jakarta, Kamis (19/4/2018).

PitX secara harafiah berarti sepeda x, karena pit merupakan kosakata bahasa Belanda yang belakangan diserap sebagai kosakata bahasa Jawa untuk menyebut sepeda dan lantas pit diberi tambahan X.

Sepeda listrik ini dibuat khas, karena bentuknya diadopsi dari sepeda onthel khas Indonesia, yang sering digunakan pada zaman Belanda. Kecepatan maksimum sepeda ini dapat mencapai 60 kilometer per jam dengan jarak tempuh hingga 100 kilometer.

Dengan teknologi pengisian baterai cepat atau fast charging, sepeda tersebut hanya butuh waktu 40 menit untuk mengisi baterai. Sedangkan dengan teknologi biasa, dibutuhkan waktu 4 jam hingga baterai terisi penuh dan dapat digunakan kembali.

Angga menyampaikan, beberapa komponen yang ada pada sepeda tersebut, antara lain baterai lithium, controller, dan motor penggerak yang ditanam di berbagai sisi PitX. "Ini kami kembangkan sejak 2017. Kalau mau diprouduksi, ini harusnya memang lebih dirapihkan," ujar Angga.

Sebelum meninggalkan stand tersebut, lanjut Angga, Jokowi tak lupa meninggalkan pesan yang akan senantiasa mereka ingat. "Pak Jokowi bilang terus kembangkan. Ini ciri khas Indonesia," kata Angga menyampaikan pesan Jokowi.

Foto saat Jokowi menandatangani mobil listrik mahasiswa UII bahkan dipasang di akun IG Jokowi dan pada Kamis (19/4/2018)  pukul 23.45 WIB sudah mendapatkan lebih dari 140.000 likes dan 3.500 komentar.

IIMS 2018 yang menjadi ajang tahunan untuk unjuk gigi para pelaku industri otomotif, sejak 2015 sudah memberi kesempatan bagi para mahasiswa untuk memamerkan hasil karyanya.

Yanuar Anaba, mahasiswa Universitas Islam Indonesia UII yang mewakili mahasiswa mengaku senang IIMS sudah memberikan kesempatan bagi mahasiswa memamerkan mobil konsep karya mahasiswa. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Madura United Vs PSS Tayang Malam Ini, Prediksi Susunan Pemain dan Link Streaming

Sepakbola
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement