Advertisement

Kroasia Pantang Menyerah

Ahmad Baihaqi
Kamis, 12 Juli 2018 - 17:47 WIB
Sugeng Pranyoto
Kroasia Pantang Menyerah Kroasia (Reuters/Carl Recine)

Advertisement

Harianjogja.com, MOSKOW - Tim Nasional Kroasia mengukir sejarah. Kroasia sukses melangkah ke babak final Piala Dunia 2018. Pelatih Kroasia Zlatko Dalic menegaskan karakter timnya adalah pantang menyerah.

Seperti diketahui, Kroasia melangkah ke partai puncak Piala Dunia 2018 usai membekuk Inggris dengan skor 2-1 di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (12/7/2018) dini hari WIB. Padahal, Kroasia tertinggal lebih dulu setelah Kieran Tripper mencetak gol di menit kelima melalui tendangan bebas.

Advertisement

Namun seperti yang dikatakan Dalic, Kroasia pantang menyerah. Mereka membuat gol penyama melalui Ivan Perisic di menit ke-68. Pertandingan berlanjut ke extra time karena skor imbang 1-1 di waktu normal. Kroasia akhirnya membuat gol lagi untuk memenangkan pertandingan melalui Mario Mandzukic.

"Mereka [pemain Kroasia] menunjukkan karakternya. Ketika kami memulai persiapan enam pekan yang lalu. Saya mengatakannya secara khusus kepada publik. Saya tidak bisa mengajarkan sepak bola kepada pemain ini. Saat turnamen berlangsung mereka menunjukkan kepercayaan diri yang tinggi. Mereka lebih kuat dari saya dalam hal mentalitas, kekuatan psikologis," terang Dalic di Fifa.com.

Karakter Kroasia itu memang sudah terlihat sejak fase grup. Mereka tampil konsisten dan memenangi seluruh pertandingan di Grup D dan keluar sebagai juara grup. Di fase knock out, mereka harus kerja keras lantaran tak bisa menuntaskan pertandinga di waktu normal.

Menghadapi Denmark di babak 16 Besar, Kroasia tertinggal lebih dulu sebelum memenangkan laga lewat adu penalti. Begitu juga saat menghadapi tuan rumah Rusia di babak perempatfinal. Hal itu terjadi lagi saat menghadapi Inggris di babak semifinal, namun mereka bisa bangkit dan menang.

"Saya mengatakan turnamen ini akan dimenangkan oleh tim dengan karakter yang mengikuti keinginan pelatih mereka di lapangan. Kami tertinggal satu gol dalam tiga pertandingan berturut-turut dan kami membalikkannya. Kami telah menunjukkan karakrter. Kami adalah bangsa yang tak pernah menyerah," tandas Dalic.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Proliga 2024 Kamis 24 April, Pertandingan Pertama LavAni vs Garuda Jaya

Olahraga
| Kamis, 25 April 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement