Advertisement

Mengintip Calon Lawan Indonesia di 16 Besar: Uzbekistan, Tiongkok, UEA, Bahrain, atau Kirgistan?

Budi Cahyana
Senin, 20 Agustus 2018 - 18:25 WIB
Budi Cahyana
Mengintip Calon Lawan Indonesia di 16 Besar: Uzbekistan, Tiongkok, UEA, Bahrain, atau Kirgistan? Beto Gincalves dan Stefano Lilipaly, dua andalan Indonesia di Asian Games 2018. - Antara/Insagoc/Hery Sudewo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Indonesia hampir pasti lolos ke 16 besar sepak bola putra Asian Games 2018. Hanya skandal dan keajaiban besar yang akan menggagalkan laju Indonesia ke perdelapan final.

Ada dua jalur Indonesia lolos ke fase gugur. Jika menang lawan Hong Kong malam ini pukul 19.00 WIB, Indonesia akan menjadi juara Grup A dan bakal berhadapan dengan peringkat ketiga Grup C atau E, yakni Uni Emirat Arab (C) atau Kirgistan (E) atau Bahrain (E). Kemungkinan besar Indonesia bakal berhadapan dengan Uni Emirat Arab (UEA) karena Kirgistan nyaris mustahil menang atas Korea Selatan dalam laga yang dihelat berbarengan dengan pertandingan Indonesia melawan Hong kong. Sementara, Bahrain masih punya kemungkinan lolos sebagai peringkat ketiga terbaik asalkan menang atas Malaysia. UEA sudah dipastikan mengunci satu tiket ke 16 besar sebagai satu dari empat peringkat ketiga terbaik.

Advertisement

UEA adalah tim kuat, meski hanya meraih satu kemenangan di tiga laga Grup C, yakni 4-1 atas Timor Leste. Di dua laga lain, UEA kalah 1-2 dari Tiongkok dan 0-1 dari Suriah. Adapun Bahrain punya kekuatan nyaris imbang dengan Indonesia. Bahrain dipermak Korea 0-6 dan bermain imbang 2-2 lawan Kirgistan di dua laga awal fase penyisihan Grup E.

Jalur kedua adalah lolos sebagai salah satu petingkat ketiga terbaik. Sejauh ini, baru satu tim peringkat ketiga yang dipastikan tersingkir, yakni Thailand karena hanya mengoleksi dua angka. Sementara, dua tim yang sudah pasti melaju ke 16 besar sebagai peringkat ketiga terbaik adalah UEA dari grup C dan Arab Saudi dari grup F.

Ada empat tim yang masih berpeluang memperoleh tiket ke fase gugur dari jalur ini, yakni Indonesia, Pakistan, Kirgistan, dan Bahrain. Jika seri melawan Hong Kong, Indonesia pasti lolos sebagai peringkat ketiga terbaik. Indonesia juga masih bisa lolos juga jika kalah dari Hong Kong asal tidak dengan selisih delapan gol atau lebih. Musababnya, saat ini Indonesia punya agregat gol plus tiga. Adapun Pakistan yang seperti Indonesia juga mengoleksi tiga angka di klasemen peringkat ketiga terbaik, malah minus enam gol.

Bakal menjadi skandal besar apabila Indonesia sampai kalah 0-8 dari Hong Kong. Jika Indonesia seri atau kalah tidak dengan selisih delapan gol dari Hong Kong, Pakistan bakal terlempar dan Indonesia melaji. Jika Bahrain menang atas Malaysia dan dan Kirgistan kalah dari Korea, Bahrain akan lolos sebagai peringkat ketiga terbaik, bersama UEA, Arab Saudi, dan Indonesia. Jika ini yang terjadi, Indonesia akan menghadapi Uzbekistan, juara Grup B atau Tiongkok, juara Grup D, di 16 besar.

Uzbekistan adalah tim yang susah dikalahkan. Di tiga laga fase Grup B, Uzbekistan meraih hasil sempurna dengan menang 3-0 atas Bangladesh 6-0 atas Qatar, dan 1-0 atas Thailand. Tiongkok tak kalah kuat. Di tiga laga fase Grup, Tiongkok menang 6-0 atas Timor Leste, 3-0 atas Suriah, dan 2-1 atas UEA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jogja Tuan Rumah Superchallenge Supermoto 2024, Catat Tanggalnya

Olahraga
| Sabtu, 20 April 2024, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement