Advertisement

Asteroid Segede Lapangan Bola Mendekati Bumi

Jafar Sodiq Assegaf
Senin, 21 Mei 2018 - 04:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Asteroid Segede Lapangan Bola Mendekati Bumi Ilustrasi asteroid. (Istimewa)

Advertisement

Harianjogja.com, WASHINGTON—Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyebutkan sebuah asteroid sebesar lapangan sepak bola tengah mendekati Bumi. Asteroid ini akan menjadi yang paling dekat dengan Bumi dengan ukuran hampir 300 tahun.

Asteroid yang diberi nama 2010 WC9 ini pertama kali pernah terdeteksi pada 30 November 2010, oleh Catalina Sky Survey di Arizona. Para astronom saat itu terus mengawasinya hingga suatu waktu menjadi redup untuk dipantau.

Advertisement

Para astronom juga tidak bisa memprediksi kapan akan kembali karena kurangnya pengamatan pada orbitnya. Setelah hampir delapan tahun, para astronom menemukan asteroid yang diketahui sebagai WC9 2010 kembali lagi dalam pengamatan.

Menurut peneliti Jet Prpulsion Laboratory of NASA, seperti dikutip dari Tech Times flyby 2010 WC9 akan menjadi yang paling dekat dari asteroid ukurannya dalam hampir 300 tahun. Bahkan benda angkasa ini pernah terpantau sangat dekat dengan bumi dengan jarak 126 ribu mil.

Dibandingkan dengan asteroid lainnya, WC9 2010 bukan yang besar tetapi kemungkinannya lebih besar dari meteor Chelyabinsk, yang awalnya diperkirakan mencapai 65 kaki panjangnya. Meteor Chelyabinsk, bagaimanapun, melukai lebih dari seribu orang di Rusia, menghancurkan kaca di seluruh kota.

WC9 2010 yang mungkin lebih besar dari meteor Chelyabinsk, apakah ada bahaya yang signifikan terhadap Bumi? Astronom percaya bahwa meskipun ukuran dan jarak ke Bumi, 2010 WC9 akan dengan aman membolak melewati planet ini.

Asteroid 2010 WC9 tidak akan cukup terang untuk dapat dilihat oleh mata manusia karena terbang melewati Bumi, tetapi akan diambil oleh teleskop amatir yang menunjuk ke arah yang benar pada waktu yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Siap-siap Lur, Pemkab Kulonprogo Buka 90 Formasi CPNS dan PPPK untuk 205 Posisi, Berikut Rinciannya

Kulonprogo
| Jum'at, 19 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement