Advertisement

Menyambangi Kuil Gantung di Atas Gunung Hengshan

newswire
Sabtu, 14 Juli 2018 - 17:35 WIB
Maya Herawati
Menyambangi Kuil Gantung di Atas Gunung Hengshan The Hanging Temple di China - Amusing Planet

Advertisement

Harianjogja.com, BEIJING—China punya banyak tempat wisata yang unik dan kuno. Salah satunya The Hanging Temple alias Kuil Gantung. Tempatnya di atas Gunung Hengshan, daerah Datong.

Kuil ini sebenarnya tidak digantung dengan tali atau semacamnya, melainkan tertempel di tebing gunung mirip digantung. The Hanging Temple dibangun di ketinggian sekira 75 meter di atas tanah dan disangga oleh kayu-kayu yang panjang dan kokoh.

Advertisement

Meskipun nampak begitu mengerikan bagi wisatawan yang baru kali pertama datang dan berada di sisi tebing, kuil yang tepatnya dibangun di ngarai, kaki Gunung Hengshan, Provinsi Shanxi, China, memiliki lebih dari 40 aula dan paviliun di area yang luasnya 152,5 meter persegi saling terhubung satu sama lain melalui koridor dan jembatan. Semua bangunan kuil dibangun di lahan yang tidak rata tingginya, namun tetap terlihat rata dan seimbang.

Memasuki bagian dalam kuil gantung The Hanging Temple, ada sebanyak 80 buah patung cor terbuat dari perunggu, besi, dan pahatan tanah liat. Ada pula patung terbuat dari pahatan batu yang dibuat dari berbagai dinasti.

Menurut laman Amusing Planet, pembangunan kuil gantung di sisi tebing gunung ini bukanlah tanpa alasan. Konsep seperti itu dipilih agar kuil terhindar dari banjir yang mengerikan dan menggunakan gunung sebagai perlindungan dari hujan, salju, dan paparan sinar Matahari.

Berlibur ke China khususnya daerah Datong tidak lengkap jika belum menyambangi kuil gantung The Hanging Temple. Pasalnya, selain bentuk dan lokasinya yang unik, kuil gantung pun merupakan salah satu tempat wisata dan situs bersejarah di Datong, bahkan kuil telah dibangun lebih dari 1.506 tahun lalu.

Kuil gantung The Hanging Temple adalah kuil Buddha, Tao, dan Konghucu. Anda yang berminat untuk menyambangi kuil gantung super unik ini harus menyiapkan tenaga yang prima, karena ada ribuan anak tangga yang perlu dilalui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pertobatan Ekologis dan Persoalan Sampah Jadi Topik Peragaan Jalan Salib di Gereja Ini

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Makna dan Sejarah Telur Paskah, Simbol Kebangkitan Yesus Kristus

Lifestyle
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement