Advertisement

Piknik ke Jepang, Perhatikan Etika Belanja di Minimarket Ya

newswire
Jum'at, 14 September 2018 - 17:35 WIB
Maya Herawati
Piknik ke Jepang, Perhatikan Etika Belanja di Minimarket Ya Pembeli memilih barang di emperan minimarket di Jepang - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jika Anda jalan-jalan ke Jepang, dan belanja keperluan di minimarket terdekat, perhatikan etikanya.

Seperti dilansir Soranews24, belum lama ini, berikut ini etika berbelanja di minimarket di Jepang:

Advertisement

  1. Jangan menggulung dan melipat lembaran uang tunai

Selain sebagai tempat membeli aneka makanan ringan dan minuman, mereka juga menjual makanan siap saji lengkap dan berbagai macam barang. Tidak hanya itu, bahkan pembayaran tagihan juga bisa dilakukan di sini. Tidak hanya untuk hal-hal kecil seperti layanan telepon bulanan, tetapi bahkan tagihan pajak.

Maka dari itu, sebaiknya saat membayar di kasir jangan melipat atau menggulung beberapa lembar uang tunai untuk membayar, segera buka lipatan gulungan uang tunai sebelum menyerahkannya ke petugas kasir. Selain lebih nyaman untuk kasir, juga membantu proses transaksi berjalan lebih cepat.

  1. Tidak melempar uang koin

Satuan nominal mata uang Yen Jepang, adalah 1.000 Yen. Maka biasanya, uang kembalian sangat dibutuhkan. Untungnya, minimarket di Jepang biasanya memiliki nampan kecil di sebelah meja kasir di mana pelanggan dapat menaruh koin saat sedang dihitung. Etika penting di sini adalah meletakkan koin tersebut dengan benar, bukan dengan cara dilempar. Kadang-kadang pelanggan yang tidak sopan membuang uang koin ke nampan dengan cara yang lebih menyerupai seperti acara pelemparan jarak jauh ke dalam kotak koleksi besar di kuil-kuil Buddha dan kuil Shinto.

  1. Letakkan kartu di atas uang tunai

Di Jepang, banyak minimarket yang mempunyai sistem memiliki reward cards, baik milik sendiri atau bagian dari jaringan bersama dengan bisnis lain. Saat bertransaksi dengan menggunakan kartu reward sekaligus uang tunai, letakkan kartu di atas lembaran uang. Sebab, petugas harus menggesek kartu tersebut sebelum mereka memberi tahu pelanggan. Jika petugas kasir tidak melihat kartu tersebut, padahal telah memindai semua barang yang dibeli, maka petugas kasir harus membatalkan penjualan dan memulai semua proses dari awal.

  1. Tidak mengambil uang kembalian langsung dari tangan kasir

Para petugas kasir saat sudah menggenggam uang kembalian pelanggan, tentunya akan memberikan kepada pelanggan dengan cara yang seharusnya. Maka dari itu, sebagai pelanggan kita tidak perlu menarik dengan kasar menarik uang tunai dari tangan petugas kasir, tidak peduli walaupun Anda sedang terburu-buru.

  1. Perlakukan karyawan toko sama seperti sesama manusia lainnya

Jasa pelayanan di Jepang diketahui begitu bagus, sehingga menjadikan berbelanja sebagai pengalaman yang sangat menyenangkan. Sayangnya, terkadang pelanggan mengambil keuntungan dari hal ini dengan berlaku tidak sopan kepada petugas di minimarket. Misalnya dengan berkata dan bertindak kasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Stres Memicu Sakit Punggung, Ini Penjelasannya

Lifestyle
| Jum'at, 19 April 2024, 14:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement