Advertisement

Pantai Butuh Gunungkidul, Surga Kecil Nan Indah Tanpa Sampah

Nur Uswatun Khasanah/M123
Minggu, 11 November 2018 - 09:17 WIB
Nina Atmasari
Pantai Butuh Gunungkidul, Surga Kecil Nan Indah Tanpa Sampah Keindahan pasir putih dan surga tersembunyi pantai Butuh. /Nur Uswatun Khasanah - M123

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Garis pantai di Gunungkidul memang memesona. Tak heran, setiap sudut pertemuan antara daratan dan laut ini menjadi daya tarik wisata.

Setiap sudut ditandai dengan nama masing-masing. Salah satunya Pantai Butuh, yang terletak di dusun Bedalo, Krambil Sawit, Saptosari, Gunungkidul, bersebelahan dengan Pantai Ngeden.

Advertisement

Letaknya yang masih terpencil dan tidak banyak orang yang mengunjunginya membuat pantai ini selayaknya surga tersembunyi. Pantai ini masih alami dan keselarasan ekosistemnya terjaga. Hampir tidak ada sampah terlihat di pantai ini.

Keistimewaan tersebut membuat Pantai Butuh serasa pantai pribadi. Kondisi alam membuatnya sangat cocok digunakan untuk acara kemah, terlebih lagi untuk anak- anak muda.

Untuk mencapai pantai ini, diperlukan waktu satu setengah hingga dua jam perjalanan dari Kota Jogja. Medan yang dilalui terbilang cukup mudah, pengunjung tidak harus melewati jalan terjal berbatu. Sepanjang jalan, pengunjung akan disuguhi hijaunya pepohonan. Jalan yang sepi dapat digunakan untuk menikmati sejuknya alam.

Cukup dengan membayar retribusi sebesar Rp5.000 pengunjung dapat menikmati wisata pantai Butuh hingga puas. Area parkir cukup luas sehingga pengunjung dapat nyaman dan kerasan berlama-lama di pantai.

Jika beruntung, pengunjung akan mendapati warga yang mencari rumput laut saat keadaan laut sedang surut. Banyak juga ikan-ikan kecil yang terperangkap di bebatuan karang. Dengan jelas pengunjung dapat melihat ikan-ikan tersebut berenang.

Pantai Butuh menyajikan suasana yang alami dan keramahan dari warga lokal membuat pengunjung merasakan sejenak jauhnya dari keramaian kota. Tak hanya itu, pantai Butuh juga menjadi salah satu destinasi wisata baru di Gunungkidul yang wajib dicoba oleh pengunjung. Tak kalah dengan pantai pasir putih lainnya di Gunungkidul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hendak Mengambil Ponsel, Warga Sleman Malah Kecemplung Sumur

Sleman
| Jum'at, 26 April 2024, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Mulailah Perjalanan Kuliner di sepanjang Pesisir Aegea di Turki

Lifestyle
| Jum'at, 26 April 2024, 03:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement