Advertisement

CEK FAKTA: Postingan Sebut Megawati Anak Pungut Dipastikan Hoaks

Nina Atmasari
Jum'at, 24 Juli 2020 - 20:47 WIB
Nina Atmasari
CEK FAKTA: Postingan Sebut Megawati Anak Pungut Dipastikan Hoaks Presiden Kelima RI yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri berdiri di samping pusara seusai memanjatkan doa di makam ayahnya, Presiden Pertama RI Soekarno, di Blitar, Jawa Timur, Kamis (10/5/2018). - Antara/Irfan Anshori

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Sebuah unggahan berisi informasi tentang Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarno Putri beredar di media sosial facebook.

Akun Facebook bernama Akang Didi‎ mengunggah status pada grup Facebook ‘MANUSIA MERDEKA’ pada tanggal Senin (20/7/2020) berupa tangkapan layar thumbnail video Youtube yang menyebut Megawati sebagai anak pungut Presiden Soekarno.

Advertisement

Baca juga: Rok Panjang Terlilit Rantai Motor, Warga Kulonprogo Terjatuh Saat Berkendara

Dalam video yang tersebut, ada cuplikan pernyataan Rachmawati tentang RUU BPIP yang mengatakan “… ini peluang masuknya ideologi lain. Jadi jangan bicara Megawati tentang Pancasila…”.

Namun, sepanjang video tidak terdapat pernyataan yang menyebutkan Megawati sebagai anak pungut presiden Soekarno seperti yang dituliskan dalam thumbnail.

Penjelasan
Berdasarkan penelusuran turnbackhoax.id, dari informasi yang didapat melalui situs kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id, dalam biografinya disebutkan bahwa Megawati adalah anak kandung kedua dari pasangan presiden Soekarno dan ibu Fatmawati. Beliau memiliki nama lahir Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri yang lahir pada tanggal 23 Januari 1947 di Yograkarta.

Dikutip dari Kompas.com disebutkan Megawati lahir di Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta, kala itu sedang terjadi agresi militer Belanda dan ibunya Fatmawati sedang hamil tua. Ibu Fatmawati kemudian diharuskan untuk mandiri mengurus anak-anak karena Soekarno-Hatta sedang dalam masa pengasingan ke pulau Bangka dan keluarganya tidak diperkenankan ikut.

Dari hasil penelusuran di atas, klaim bahwa Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri merupakan anak pungut Presiden pertama RI Soekarno adalah salah. Faktanya, Megawati merupakan anak kandung Presiden pertama RI Soekarno. Rachmawati dalam cuplikan video tidak pernah menyatakan hal demikian. Sehingga informasi tersebut masuk kategori Konten yang Menyesatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Libur Lebaran Usai, Berikut Jadwal dan Tarif Terbaru Bus Damri dari Jogja ke Bandara YIA

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Film Korea Selatan Terbaru, Jo Jung Suk Tampil sebagai Pilot Cantik

Hiburan
| Rabu, 17 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement