Advertisement

CEK FAKTA: Benarkah Presiden Jokowi Gagal Pimpin Indonesia dan Serahkan Jabatan ke Prabowo?

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 06 Agustus 2020 - 14:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
CEK FAKTA: Benarkah Presiden Jokowi Gagal Pimpin Indonesia dan Serahkan Jabatan ke Prabowo? Cek fakta: Benarkah Jokowi menyerahkan jabatannya kepada Prabowo - Turnbackhoax.id

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Sebuah video yang memuat tentang Presiden Joko Widodo gagal memimpin negara dan memberikan jabatannya kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto beredar di media sosial. Video tersebut dibagikan oleh channel Youtube Rahasia Politik belum lama ini.

Publik pun dibuat bertanya-tanya apakah isi dari video tersebut benar.

Advertisement

Kanal Youtube membagikan video dengan judul “JOKOWI AKUI SUDAH GAGAL SEBAGAI PRESIDEN & AKAN SERAHKAN SEMUA JABATAN PRESIDEN ke PRABOWO?” pada tanggal 1 Juli 2020.

Penjelasan:

Dari hasil penelusuran turnbackhoax.id, diketahui bahwa narasi yang dibacakan dalam video tersebut berasal dari sejumlah artikel berita dari beberapa media. Video tersebut terbagi menjadi tiga pembahasan.

Baca Juga: Warga Kampung Ini Sulap Jalan Jadi Serasa Kolam Ikan

Pada pembahasan pertama merupakan pembacaan dari tirto.id dengan judul “Jokowi Akui Kerja Pemerintah Terjebak Banyaknya Aturan” yang tayang pada 28 Juli 2020. Dalam pemberitaan tersebut, tidak ditemukan pernyataan Presiden Joko Widodo mengakui dirinya gagal dan akan menyerahkan jabatannya kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Lalu, bagian kedua merupakan pembacaan berita dari laman law-justice.co dengan judul “Dolar Bakal Tembus 20.000 & Ekonomi Kacau, Jokowi Harus Mundur” yang tayang pada 29 Juli 2020. Dalam artikel itu juga tidak ditemukan pernyataan Presiden Jokowi akan menyerahkan jabatannya. Dalam artikel itu hanya memuat pernyataan Pengamat Politik Muslim Arbi.

Dan, bagian ketiga dalam video tersebut juga berasal dari artikel dari laman law-justice.co dengan judul “Ngeri! Sri Mulyani Ungkap Ketidakpastian Ekonomi di 2021” yang tayang pada 28 Juli 2020.

Diketahui pula bahwa artikel tersebut merupakan hasil lansiran dari laman cnbcindonesia.com dengan judul “Makin Ngeri! Sri Mulyani Beberkan Ketidakpastian di 2021” yang tayang pada tanggal 28 Juli 2020. Pada kedua artikel itu juga tidak ditemukan pernyataan Presiden Jokowi akan menyerahkan jabatannya kepada Prabowo.

Baca Juga: Kerugian Akibat Ledakan di Beirut Capai US$3 Miliar Lebih

Kesimpulan:

Berdasarkan penjelasan tersebut, tidak ditemukan pernyataan Presiden Jokowi akan menyerahkan jabatannya kepada Prabowo Subianto. Adapun, narasi dalam video tersebut berasal dari sejumlah artikel dari beberapa media yang tidak saling terkait dengan klaim Presiden Jokowi menyerahkan jabatannya kepada Prabowo. Oleh sebab itu, konten video tersebut masuk ke dalam kategori Misleading Content atau Konten yang Menyesatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : turnbackhoax.id

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Catat! Tarif Parkir Kendaraan Bermotor di Lokasi Wisata Wilayah Bantul

Bantul
| Sabtu, 20 April 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Dewa 19 Tampil Memukau, Ahmad Dhani Sempat Salah Memulai Lagu

Hiburan
| Sabtu, 20 April 2024, 08:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement