Advertisement

Cek Fakta: Apakah Menggunakan Lensa Kontak Saat Pandemi Covid-19 Aman?

Krizia Putri Kinanti
Rabu, 19 Agustus 2020 - 21:57 WIB
Budi Cahyana
Cek Fakta: Apakah Menggunakan Lensa Kontak Saat Pandemi Covid-19 Aman? lensa kontak - mamahealths.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 membuat masyarakat khawatir, termasuk penggunaan dalam penggunaan lensa kontak karena langsung menyentuh selaput mata. Apakah menggunakan contact lens rawan tertular virus Corona.

Dikutip dari Health Clevelandclinic, Selasa (18/6/2020), menggunakan lensa kontak masih aman digunakan selama menjaga kebersihan saat menggunakan atau saat melepas.

Advertisement

“Sejauh yang kami ketahui, memakai lensa kontak tidak membuat seseorang berisiko lebih besar terkena Covid-19. Tapi kebersihan yang baik dan penggunaan kontak yang tepat sangat penting saat ini,” ujar Dokter Mata Craig See.

Virus corona penyebab Covid-19 diperkirakan masuk ke tubuh melalui mata, hidung, dan mulut Anda. Jadi, secara teori, jika tangan Anda terkontaminasi virus corona dan Anda menyentuh mata, Anda bisa terinfeksi. Karena orang yang memakai lensa kontak cenderung lebih sering menyentuh mata, di situlah perhatiannya.

“Penting bagi orang yang memakai lensa kontak untuk mencuci dan mengeringkan tangan mereka sebelum memasang, mengeluarkan, atau menangani kontaknya. Ganti, buang, desinfeksi, dan simpan lensa kontak Anda seperti yang diarahkan oleh produsen dan dokter mata Anda,” tuturnya.

Jika Anda sering menggosok mata, pertimbangkan untuk beralih ke kacamata. Anda juga disarankan untuk berhenti menggunakan lensa kontak jika Anda sakit, terutama dengan gejala pilek atau flu.

Kacamata dapat mengurangi sentuhan wajah atau gesekan mata, tetapi tidak ada bukti bahwa kacamata dapat melindungi dari Covid-19. Mereka memang melindungi dari jenis infeksi lain.

Mengenakan lensa kontak meningkatkan risiko infeksi bakteri pada kornea (keratitis) yang tidak terkait dengan Covid-19 tetapi dapat menyebabkan kehilangan penglihatan permanen atau kebutaan. Menyalahgunakan lensa kontak sangat meningkatkan risiko itu. Jadi, penting juga untuk menghindari:

- Mengenakan lensa kontak orang lain.

- Tidur dalam kontak.

- Menggunakan lensa kontak yang sama lebih lama dari jangka waktu yang disarankan.

- Mencuci lensa kontak di air keran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Prameks Jogja-Kutoarjo, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Film Horor Gunakan Unsur Islam dalam Judul, MUI Sebut Simbol Agama Harus di Tempat yang Pas

Hiburan
| Selasa, 26 Maret 2024, 09:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement